met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

08 Desember 2009

Setroom

Blog Entrystroom


Kesetrum? Siapa sih yang belum pernah dengar kesetrum? Bahkan hampir semua orang pernah kesetrum. Sayangnya banyak banget orang-orang yang belum tau apa sih kesetrum itu?

APA ITU KESETRUM ?

Kesetrum atau dalam bahasa ilmiah disebut sengatan listrik (electric shock) adalah sebuah fenomena dalam kehidupan. Secara sederhana kesetrum dapat dikatakan sebagai suatu proses terjadinya arus listrik dari luar ke tubuh. Sengatan listrik dapat terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan arus melalui otot atau rambut. Ketika tersengat lsitrik, terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita.

Seperti yang diketahui, bahwa bumi atau tanah memiliki potensial yang rendah. Hal ini akan menyebabkan listrik akan selalu mencoba mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konektor. Maka dalam kasus kesetrum, manusia berlaku sebagai konektor atau konduktor karena pada tubuh manusia komponen air lah yang paling besar presentasenya. Semakin basah atau lembab kulit manusia maka hambatan listrik kulit makin kecil sehingga akan makin mudah terjadi setrum sehingga arus listrik makin mudah mengalir.

KENAPE.. KESETRUM ITU BISA BERBAHAYA ?

Listrik memerlukan path lengkap (circuit) agar dapat terus mengalir. Hal ini yang menyebabkan kejutan / kesetrum diterima dari listrik statis hanya sesaat. Aliran elektron perlu waktu singkat ketika static charge yang ada sama antara dua benda. Kesetrum yang terjadi karena self-limited duration seperti ini jarang menimbulkan bahaya. Tanpa adanya kontak antar dua titik di tubuh untuk masuk dan keluar tidak akan ada bahaya kesetrum/kejutan. Maka dari itu mengapa burung dapat beristirahat di tegangan listrik tinggi tanpa mendapatkan shocked karena mereka melakukan kontak dengan sirkuit di hanya satu titik. Akan tetapi tidak seperti burung, biasanya orang-orang yang berdiri di atas tanah saat menyentuh sumber tegangan tetap mengalami setrum. Hal ini dikarenakan sering kali, satu sisi dari daya sistem tidak sengaja tersambung ke round/ bumi, sehingga orang yang menyentuh satu sumber tegangan sebenarnya membuat kontak antara dua titik di sirkuit (sumber tegangan dan bumi).

00056300061

Kesetrum dapat digambarkan sebagai akibat dari tegangan kejut (surge voltage) yang mengenai tubuh manusia. Terutama tegangan kejut yang bertegangan besar. Walaupun tegangan PLN 110/220V AC, tetapi tegangan seperti ini tetap dapat menyebabkan bahaya apabila tersentuh anggota tubuh seseorang. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa kesetrum berbahaya karena tubuh manusia berlaku sebagai konduktor, padahal kapasitas dalam tubuh tidak sesuai dengan arus yang mengalir sehingga dapat mengganggu kerja tubuh. Dalam tubuh manusia terdapat listrik tegangan rendah yang mengalir (misalnya pada saraf, gerakan jantung, dll) sehingga bisa mengakibatkan kerja tubuh menjadi tidak sesuai karena ada gangguan aliran listrik tersebut.

Arus minimum yang dapat dirasakan oleh manusia besarnya sekitar 1 miliampere (mA). Arus yang tingi dapat menyebabkan kerusakan jaringan atau fibrilasi, muscle contraction, tissue burns. Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan saraf dengan kontrol, terutama pada jantung. Bahkan terdapat sengatan listrik yang dapat menyebabkan kematian (electrocution). Secara umum, arus yang mendekati 100 mA dapat mematikan jika arus tersebut melewati bagian sensitif dari tubuh.

ADAKAH BATASAN ARUS YANG AMAN KETIKA KESETRUM?

Persepsi mengenai tersengat aliran listrik itu bias berbeda-beda, tergantung dari tegangan, durasi, arus, frekuensi, dsb. Besarnya arus dan arah arus yang melewati tubuh akan sangat mempengaruhi efek arus tersebut terhadap tubuh terutama ketika melewati organ-organ vital tubuh. Umumnya, arus yang mendekati 100 mA akan berbahaya atau bahkan mematikan.

  • Arus akan berbahaya jika arus yang melewati tubuh memiliki ambang sekitar 5 sampai 10 mA (milliampere) untuk tegangan DC di 60 Hz
  • Arus akan berbahaya jika arus yang melewati tubuh memiliki ambang sekitar 1 sampai 10 mA untuk AC di 60 Hz
  • Shock berkurang dengan adanya peningkatkan frekuensi, dan pada akhirnya akan menghilang pada frekuensi di atas 15-20 kHz.

Semakin kecil resistor yang terkandung di dalam tubuh manusia semakin mudah arus listrik mengalir sehingga semakin mudah kesetrum. Umumnya besarnya resistor yang terdapat di dalam tubuh adalah 1500 ohm. Maka jika kurang dari nilai tersebut akan semakin mudahtersengat listrik.

Durasi ketika kita kesetrum atau tersengat listrik akan sangat mempengaruhi efeknya terhadap tubuh. Semakin lama arus mengalir melewati bagian tubuh maka semakin besar resiko terhadap tubuh kita. Terutama jantung.


APAKAH ADA PERBEDAAN TERSENGAT ARUS AC / DC ?

Efek kaget biasanya terjadi karena ada tegangan yang tinggi namun tidak berarus besar. Akan tetapi bila menyebabkan kematian atau efek serius lainnya biasanya karena tegangan tinggi dan arus besar . Tersengat arus DC atau AC Arus AC (alternating current) merupakan arus yang bolak-balik sedangkan arus DC (direct current) merupakan arus yang searah. Sebenarnya baik AC maupun DC dapat mengalirkan aliran listrik dan tentunya dapat membuat seseorang tersengat aliran listrik yang membedakan hanyalah seberapa besarnya. Apakah tegangannya tinggi dan arusnya besar.

AC akan mempengaruhi tubuh sangat tergantung pada tingkat frekuensinya. Frekuensi rendah (50 – to 60-Hz) AC biasanya digunakan pada rumah tangga. AC yang dapat lebih berbahayaadalah AC dengan frekuensi tinggi dan 3 sampai 5 kali lebih berbahaya daripada DC dengan tegangan dan amperage sama. Frekuensi rendah AC menyebabkan kontraksi otot yang panjang (tetany)yang dapat membuat tangan kaku. Sedangkan DC biasanya menyebabkan adanya kejang / kontraksi, yang sering memaksa korban menjauhi dari sumber. Menurut sumber, tegangan pada DC=1,4 tegangan pada AC. Untuk besar hambatan yang sama, dan arus yang besar, maka, akan lebih berbahaya tegangan 100 V DC dibanding 100 V AC.

Tetany adalah kondisi dimana terjadi involuntarily otot karena ada petikan dari luar arus listrik melalui badan. Ketika involuntary kontraksi otot mengendalikan jari menyebabkan seorang korban untuk tidak dapat melepaskan dari sebuah konduktor energized, maka korban tersebut dikatakan “frozen”. Arus searah (DC) lebih cenderung menyebabkan otot mengalami tetany dibandingkan alternating current (AC). Sehingga DC lebih cenderung menyebabkan “frozen” pada korban ketika kesetrum. Namun, AC lebih cenderung menyebabkan korban fibrillate ke jantung, yang merupakan kondisi yang lebih berbahaya bagi korban setelah kesetrum dihentikan.

Jadi pada intinya tersengat listrik dari sumber AC maupun DC tetap sama-sama berbahaya, yang mungkin berbeda adalah besar tegangan, frekuensi , arus, dan yang paling penting adalah efeknya terhadap otot dan tubuh kita maka dari itu harus dicegah sebisa mungkin.

Yang paling aman...panggil tukang listrik ...kalo listrik di rumah ngadat...

Kaldera pulau keci di Pulau Obi Halmahera Selatan


Berjarak sekitar 3 km dari teluk Ubur ubur dan ditempuh sekitar 15 menit perjalanan laut dengan menggunakan Long boat
Sebuah pulau kecil yang luasnya tak lebih dari 300 m2 dengan sedikit pantai putihnya di bagian belakang pulau,sementara bagian depan pulau terdiri dari batuan karang yang sudah terkikis oleh ombak
Tak banyak tumbuhan yang ada di pulau ini.selain pohon ketapang,ada juga satu pohon mangga yang cukuyp besar,tumbuh dibagian atas pulau
Menurut penduduk setempat,pulau / kaldera ini dulu nya cukup luas,namun karena abrasi sepanjang tahun ,lambat laun luasnya menjadi berkurang.terbukti dari tonggak tonggak kayu,sisa pohon yang berada cukup jauh dari garis pantai.
Yang cukup menarik disini adalah atraksi dari ikan ikan cakalang yang berlompatan ke udara akibat dikejar oleh ikan p

Desa Laiwui Kecamatan Obi Halmahera Selatan



Ini adalah kali kedua gw menginjakkan kaki disini.Desa ini merupakan pusat perekonomian masyarakat Pulau Obi yang juga pusat pemerintahan dari kota kecamatan Obi,sekaligus tempat mencari segala kebutuhan hidup dan barang lainnya, dan kali ini hanya untuk menghapuskan rasa penasaran gw tentang desa ini.Lokasi desa ini tak jauh dari Pelabuhan Jikotamu,pintu masuk utama di Pulau Obi yang bisa ditempuh melalui darat sekitar 15 menit.Didesa ini terdapat pelabuhan kecil yang lumayan bagus dan kokoh terbuat dari beton sekitar setahun lalu.
Desa ini diapit oleh desa Buton disebelah timur dan desa Akegula serta desa Kampung baru dibagian baratnya.Sebagian besar penduduk desa ini adalah nelayan dan sebagiannya lagi adalah pedagang yang membuka toko di sepanjang jalan di pesisir pantai
Pusat perekonomian Obi ada didesa ini,
sarana angkutan juga ada disini walupun tidak seramai kota lainnya dan beroperasi tanpa trayek.Motor merupakan sarana angkutan yang paling banyak dimiliki oleh desa ini yang sebagian di fungsikan untuk ojek sebagai angkutam alternatif.
Jalan jalan utama sudah beraspal dan tertata baik.Dermaga pelabuhan yang terbuata dari beton sudah berdiri sejak setahun lalu untuk sandar perahu nelayan atau speedboat perusahan perusahan pertambangan yang berkunjung kesini.

Masjid Ayodhya

.Tragedi masjid Babri

Hari ini 6 Desember - 17 tahun yang lalu - menjadi hari yang sangat memilukan bagi kaum muslimin di India.

Masjid Babri kebanggaan mereka di Ayodhya harus hancur. Masjid Babri diruntuhkan oleh sekitar 150.000 orang dari kaum nasionalis Hindu ekstrimis pada tanggal 6 Desember 1992, dalam sebuah peristiwa yang sebelumnya sudah direncanakan, walaupun sebelumnya Mahkamah Agung India sudah melarang perusakan dan penghancuran masjid bersejarah itu.Kaum ekstrimis Hindu yang didukung oleh partai nasionalis India - Bharatiya Janata Party (BJP), dengan memprovokasi masyarakat hindu India menyatakan bahwa lokasi tempat berdirinya masjid Babri diyakini sebagai sebuah kuil Hindu yang dibangun untuk memperingati lahirnya Rama - yang merupakan inkarnasi dari dewa Wisnu dan penguasa Ayodhya yang kemudian dihancurkan oleh panglima perang Muslim Babur - Mir Baki. Sebuah klaim yang tidak didukung oleh fakta sejarah yang akurat.

Umat Islam India harus menangis, melihat masjid kebanggaan mereka harus hancur dalam sebuah penyerangan kaum ekstrimis Hindu tersebut. Masjid yang telah lama menjadi kebanggaan mereka - hancur dengan menyisahkan kepedihan yang mendalam bagi kaum Muslimin, tidak hanya muslimin India tetapi umat Islam di seluruh dunia.

Masjid Babri, atau Masjid Babur adalah sebuah masjid yang didirikan oleh Kaisar Mughal pertama India, Babur, di Ayodhya pada abad ke-16 Masehi. Sebelum tahun 1940-an, masjid ini dinamakan Masjid-i Janmasthan ("masjid tempat kelahiran"). Masjid ini berdiri di Bukit Ramkot (disebut juga Janmasthan ("tempat kelahiran").

Masjid Babri adalah salah satu masjid terbesar di Uttar Pradesh, sebuah negara bagian India yang memiliki populasi Muslim 31 juta orang. Walau ada beberapa masjid yang lebih tua di kota Ayodhya, sebuah daerah dengan populasi warga Muslim yang signifikan, termasuk Masjid Hazrat Bal yang didirikan oleh raja-raja Shariqi, Masjid Babri dianggap yang terbesar dikarenakan tempat berdirinya yang disengketakan.

Dalam bukletnya, Communal History and Rama's Ayodhya, Profesor Ram Sharan Sharma menuliskan, "Ayodhya tampaknya muncul sebagai tempat ziarah keagamaan pada masa kuno. Walaupun bab 85 Vishnu Smriti menuliskan daftar sebanyak 52 tempat ziarah, termasuk kota-kota, danau, sungai, gunung, dan sebagainya, Ayodhya tidak termasuk dari daftar ini." Sharma juga menyebutkan bahwa Tulsidas, yang menulis Ramcharitmanas pada tahun 1574 di Ayodhya, tidak menyebutkan tempat itu sebagai tempat ziarah. Setelah peruntuhan Masjid Babri, Profesor Ram Sharan Sharma bersama dengan sejarawan Suraj Bhan, M.Athar Ali dan Dwijendra Narayan Jha menuliskan pembahasan Historian's report to the nation tentang bagaimana rakyat memiliki pandangan yang salah bahwa di tempat tersebut dulunya dibangun kuil Hindu, juga tentang perlakuan perusakan yang dianggap vandalisme.

Konflik Berkepanjangan

Konflik kaum Muslimin di India dengan umat Hindu telah berlangsung sangat lama. Setidaknya kasus terakhir yang cukup menguras air mata kaum muslimin adalah pembantaian umat Islam India dalam kasus kerusuhan Gujarat pada tahun 2000 yang menelan sekitar 2500 orang umat Islam tewas terbantai dan sekitar 200.000 umat Islam Gujarat harus mengungsi.

Kerusuhan bermula ketika 59 peziarah Hindu tewas akibat kebakaran di sebuah kereta api yang pada awalnya dituduh dilakukan kelompok Muslim. Padahal, hasil penyelidikan kemudian menyimpulkan kebakaran itu tidak disengaja.

Pada insiden tersebut Umat Hindu melakukan pembalasan dengan membakar dan menjarah bisnis milik umat Islam, mereka juga menyerang dan membantai umat Islam, memperkosa dan memutilasi kaum Muslimah.

Dan perlu dicatat juga, otak dari pembantaian umat Islam Gujarat adalah Bharatiya Janata Party (BJP) yang juga mengorganisir penghancuran masjid Babri di Ayodhya pada tahun 1992.(fq/berbagai sumber)

Desa Buton




Desa ini disebut desa Buton karena sebagian besar penduduk ini berasal dari Pulau Buton Sulawesi Tenggara .
Mereka sudah tiga generasi berada disini,namun demikian hubungan kekerabatan mereka dengan tanah nenek moyang di Buton masih tetap berjalan baik.
Yang menarik bagi gw, di desa ini hari raya Idul adha di rayakan cukup meriah
seperti Idul fitri di Jawa.Mereka saling berkunjung ke sanak saudara,saling memohon maaf,sementara anak anak kecil dengan riang nya kesana kemari disepanjang jalan dengan menggunakan baju dan sepatu baru.
Namun ada yang membuat hati ini miris,ketika gw sholat juma'at di salah satu mesjid di desa tersebut,jemaah yang melaksanakn sholat juma'at hanya sedikit sekali,hanya dua Shaf saja dari mesjid sebesar itu.Dan ini bukan yang pertama kalinya gw sholat jum'at di Obi ini.Sekitar 2 minggu sebelumnya juga demikian ,waktu gw sholat di Desa Kampung baru,tetangga desa Buton,yang sholat cuma sedikit,itupun cuma orang orang tua dan segelintir anak kecil,sementara anak mudanya tak tampak.Kepedulian akan sholat jum'at pun hampir tak ada.Suara motor anak anak muda yang mondar mandir di jalan depan mesjid,dengan knalpot yang bikin kuping sakit,tak berhenti atau minimal dikurangi,hingga membuat kita yang lagi sholat gak mendengar apa yang khotib sampaikan.
Gw cuma berpikir,kalau seandainya hal ini dibiarkan tanpa perhatian serius dari masyarakt desa itu sendiri,maka kehidupan dan nilai nilai beragama lambat laun akan sirna.
.

Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh, Si Asam Berkhasiat Obat

Kebanyakan orang baru memanfaatkan belimbing wuluh sebagai pelengkap sayur atau masakan. Padahal, belimbing wuluh termasuk dalam tanaman pekarangan yang memiliki khasiat obat.


Belimbing wuluh merupakan tanaman berbatang keras. Ia cocok ditanam di tempat yang cukup sinar matahari dan tingginya bisa mencapai lebih dari 10 meter. Buahnya hijau muda, berbentuk lonjong sebesar ibu jari, dan rasanya masam.

Limeng merupakan sebutan belimbing wuluh di Aceh. Selemeng (Gayo), asom belimbing dan balimbingan (Batak), malimbi (Nias), balimbing, blimbing, dan blimbing wuluh (Jawa), calingcing dan calingcing wulet (Sunda), bhalingbing bulu (Madura), blingbing buloh (Bali), serta calene (Bugis).

Dalam buku Terapi Herba, Buah, Sayuran 10 Penyakit Utama yang diterbitkan oleh majalah Flona, disebutkan tanaman ini memiliki berbagai kandungan kimia, antara lain saponin, tanin, kaslium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat.

Dalam farmakologi China, tanaman ini dikenal punya banyak khasiat, di antaranya menghilangkan rasa sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, antiradang, dan peluruh kencing.

Untuk mengatasi penyakit kencing manis (diabetes), ambil tiga genggam daun belimbing wuluh, lalu direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan minum dua kali sehari, pagi dan sore.

Selain daun, buahnya juga bisa dipakai. Enam buah belimbing wuluh dilumatkan, lalu direbus dengan segelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa seperuhnya. Air rebusan disaring, kemudian diminum pada pagi hari. Konsumsi dua buah belimbing wuluh segar tiga kali sehari juga disebut efektif mengendalikan kolesterol.

Kelapa Muda

7 Alasan Perlu Minum Air Kelapa
Sejak lama, kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang kaya manfaat. Nyaris tak ada bagian dari tanaman kelapa yang tidak bermanfaat bagi kehidupan.

Namun tak jarang pula orang yang tidak paham memanfaatkan setiap bagian dari kelapa. Air kelapa misalnya, justru hanya menjadi limbah karena bingung memanfaatkanya. Padahal air kelapa justru sangat berkhasiat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Nah.. agar air kelapa tak terbuang percuma, Anda perlu tahu apa saja khasiat dan kegunaannya. Inilah tujuh alasan kenapa Anda perlu minum air kelapa :

1. Air kelapa ternyata lebih bernutrisi ketimbang susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.

2. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.

3. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.

4. Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.

5. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

6. Jika Anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air kelapa.

7. Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium . Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung.

Selama bulan puasa, air kelapa merupakan minuman penyegar yang paling banyak dicari untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa merupakan minuman isotonik alami.

Menurut Badan Pertanian Dunia (FAO), air kelapa muda bisa digunakan sebagai minuman penambah energi alami. Hal ini karena air kelapa kaya akan potasium (kalium), gula, dan protein. Secara alami, air kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna, sehingga mirip dengan cairan tubuh manusia.

Berbeda dengan minuman isotonik dalam kemasan yang berbahaya bila dikonsumsi sembarangan, air kelapa relatif aman untuk dikonsumsi.

Karena itu, jika Anda banyak melakukan kegiatan yang menguras keringat, minumlah air kelapa muda secukupnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Namun, perlu diketahui bahwa sekali dibuka dan dikeluarkan dari tempurungnya, air kelapa mudah sekali mengalami perubahan cita rasa dan penurunan nilai gizi.

Agar khasiat dari air kelapa tak hilang, lebih baik minum air kelapa segar yang baru dibuka dari tempurung. Minumlah tanpa campuran apa pun, seperti sirop. Tambahkan saja es batu dan sedikit gula agar kesegarannya semakin terasa.

Kelapa Muda Pulihkan Stamina

MURAH meriah dan mudah didapat. Selain nikmat untuk pelepas dahaga, air kelapa muda mengandung isotonik alamiah, yang sangat penting mengembalikan stamina dan cairan tubuh yang hilang.

Air kelapa, khususnya air kelapa muda, sejak lama telah dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Letaknya yang terlindung oleh tempurung yang keras dan sabut kelapa yang tebal, menyebabkan air kelapa merupakan minuman yang steril, bebas dari segala bentuk kontaminasi (fisik, kimia, dan mikrobiologi).
Dewasa ini es kelapa muda banyak dijual di berbagai tempat, dari warung tenda di pinggir jalan hingga restoran dan hotel berbintang. Biasanya dihidangkan bersama dengan sirop dan es batu, sehingga menjadi lebih segar.

Karena rasanya yang sudah manis, kelapa muda juga enak untuk langsung dihidangkan tanpa penambahan gula atau sirop. Di rumah makan Sunda, kelapa muda dihidangkan lengkap dengan tempurungnya, dikenal dengan istilah kelapa batok.

Pohon Kehidupan
Dari beberapa media massa (cetak dan elektronik) terbetik berita bahwa buah kelapa telah berhasil menyelamatkan nyawa beberapa korban musibah tsunami di Aceh. Pengungsi yang lari menuju perbukitan, korban yang menyelamatkan diri di pohon kelapa, maupun yang terapung-apung di pantai, semuanya bisa selamat berkat bantuan buah kelapa, terutama dari bagian daging buah dan airnya.

Tanaman kelapa banyak terdapat di daerah beriklim tropis dan diperkirakan dapat ditemukan di lebih dari 80 negara. Indonesia merupakan negara agraris yang menempati posisi ketiga setelah Filipina dan India sebagai penghasil kelapa terbesar di dunia.

Banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di Indonesia, khususnya di daerah dekat pantai, menyebabkan Indonesia diberi julukan sebagai negeri nyiur melambai. Secara tradisional, nenek moyang kita telah sangat bersahabat dengan tanaman kelapa.

Bahkan, dalam beberapa upacara adat, kehadiran kelapa mutlak diperlukan sebagai perlambang dari suatu harapan dan niat baik. Mungkin karena manfaatnya yang sangat banyak, tunas kelapa dijadikan logo Praja Muda Karana (Pramuka) di Indonesia.

Tanaman kelapa (Cocos nucifera L.) merupakan tanaman yang serbaguna, baik untuk keperluan pangan maupun nonpangan. Setiap bagian dari tanaman kelapa, dari akar hingga pucuk daun, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Pohon kelapa sering diberi julukan The Tree of Life (pohon kehidupan) atau A Heavenly Tree (pohon surga).

Batang kelapa dapat dipakai sebagai bahan bangunan, daunnya dianyam untuk atap rumah, daun muda untuk janur, tulang daun untuk sapu lidi, pelepah daun untuk kayu bakar, nira untuk gula merah, serta bagian buahnya untuk berbagai keperluan.

Buah Kelapa
Satu pohon kelapa dapat berbuah mulai dari 10 hingga 13 kali dalam setahun. Buah kelapa tumbuh dalam rumpun, bisa mencapai 12 buah per rumpun. Daging buah kelapa merupakan bagian yang paling penting dari komoditi asal pohon kelapa.

Daging buah merupakan lapisan tebal berwarna putih. Bagian ini mengandung berbagai zat gizi. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengan tingkat kematangan buah .
Selama perkembangannya, buah kelapa secara kontinyu mengalami kenaikan berat. Ukuran berat maksimum tercapai pada bulan ketujuh. Pada saat itulah jumlah air kelapa mencapai maksimal.

Setelah periode tersebut, air kelapa berkurang jumlahnya dan daging kelapa mengalami penebalan. Penebalan daging mencapai puncaknya pada bulan ke-9. Di atas bulan ke-10, kelapa dapat dikatakan tua. Pada periode tersebut, kadar air semakin berkurang. Itulah yang menyebabkan kelapa tua akan berbunyi jika dikocok-kocok.

Buah kelapa tua terdiri dari empat komponen utama, yaitu: 35 persen sabut, 12 persen tempurung, 28 persen daging buah, dan 25 persen air kelapa. Daging buah tua merupakan bahan sumber minyak nabati (kandungan minyak 30 persen).

Perbedaan mendasar antara daging buah kelapa muda dan tua adalah kandungan minyaknya. Kelapa muda memiliki rasio kadar air dan minyak yang besar. Kelapa disebut tua jika rasio kadar air dan minyaknya optimum untuk menghasilkan santan dalam jumlah terbanyak.
Sebaliknya, bila buah kelapa terlalu tua, kadar airnya akan semakin berkurang. Pada kondisi tersebut, hasil santan yang diperoleh menjadi sedikit.

Kembalikan stamina tubuh

Di masyarakat kita berkembang suatu kepercayaan bahwa air kelapa, khususnya kelapa hijau, sangat baik diminum oleh ibu yang sedang hamil agar proses persalinan menjadi mudah dan anak yang dilahirkan memiliki kulit yang putih dan mulus.

Air kelapa muda juga dipercaya memiliki efek pengobatan terhadap ginjal dan hipretensi (tekanan darah tinggi). Terlepas dari benar atau tidaknya anggapan tersebut, ada baiknya kita kaji kandungan gizi yang ada pada air dan daging buah kelapa muda.

Jumlah air per butir kelapa muda sangat bervariasi, tergantung dari ukuran buahnya. Secara umum kadarnya tidak kurang dari 250 ml per butir. Komposisi gizi air kelapa muda sangat bervariasi, tergantung kepada varietas kelapa dan umur buah.

Secara umum, air kelapa mengandung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Komposisi gizi yang demikian bagus menyebabkan air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco. Air kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai jenis minuman, jeli, alkohol, dektran, cuka, dan kecap.

Jenis gula yang terkandung pada air kelapa adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Beberapa jenis kelapa ada yang memiliki kadar gula sebesar 3 persen pada air kelapa tua dan 5,1 persen pada air kelapa muda. Itulah yang menyebabkan air kelapa muda berasa lebih manis daripada air kelapa tua.

Asam amino yang banyak terkandung pada air kelapa adalah asam glutamat, arginin, leusin, lisin, prolin, asam aspartat, alanin, histidin, fenilalanin, serin, sistin, dan tirosin. Vitamin yang banyak terkandung pada air kelapa adalah vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat.

Jenis mineral terbanyak yang terdapat pada air kelapa adalah potasium (kalium). Mineral lain yang terdapat dalam jumlah cukup banyak kalsium, magnesium, dan klorida, sedangkan dalam jumlah sangat sedikit adalah sodium (natrium).

Komposisi minuman dengan rasio kalium terhadap natrium yang tinggi, sangat menguntungkan bagi kesehatan, khususnya terhadap pencegahan penyakit tekanan darah tinggi, seperti yang diyakini oleh masyarakat umum selama ini.

Susunan zat gizi yang ada pada air kelapa sangat mendekati komposisi cairan isotonik, yaitu cairan yang sangat sesuai dengan cairan tubuh. Itulah sebabnya cairan isotonik saat ini banyak diperjualbelikan sebagai salah satu jenis minuman bagi para olahragawan (sports drinks).

Minuman isotonik diharapkan dapat menggantikan mineral tubuh yang hilang melalui keringat, selama aktivitas berolahraga ataupun kerja keras lainnya. Di tingkat industri, minuman isotonik umumnya dibuat dengan mencampur air, gula, aneka mineral (elektrolit), pencita rasa dan zat pewarna.

Tampaknya air kelapa memilki potensi besar untuk dikembangkan sebagai minuman isotonik alami yang murah meriah, apalagi di saat berpuasa. Cuaca yang terik di siang hari dan aktivitas fisik yang berlebih di bulan puasa, akan menguras keringat yang cukup banyak. Di lain pihak, pemasukan cairan tidak ada sama sekali.

Kondisi tersebut menyebabkan kita menjadi sangat mudah lelah dan mengantuk. Namun, berpuasa jangan dijadikan alasan untuk mengurangi aktivitas di siang hari. Pemilihan air kelapa muda sebagai minuman berbuka puasa dapat diandalkan untuk mengembalikan stamina tubuh.


Manfaat Air Kelapa Muda
PERNAH menikmati air kelapa muda? Bukan hanya menyegarkan tenggorokan, air dari buah kelapa ini juga punya khasiat lain. Ini dia di antaranya:

1. Sebagai penetral racun.

2. Berfungsi sebagai diuretik atau memperlancar kencing.

3. Bila dicampur air jeruk sitrun dan diminum akan mengurangi dehidrasi.

4. Menghilangkan rasa panas akibat terbakar. Campurkan dengan bubuk kunyit dan air kapur sirih, lalu oleskan ke kulit yang terbakar atau terkena minyak panas, maka rasa panas akan hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.

5. Menyembuhkan demam berdarah. Campurkan air kelapa muda dengan air perasan jeruk nipis, sedikit garam dan madu, dan minum sehari tiga kali.

6. Bila dicampur susu dan diminum akan mencegah penggumpalan susu dalam perut, sekaligus mencegah sembelit, rasa mual, dan sakit pencernaan.

Kalaupun diminum biasa, air kelapa bagus untuk menyegarkan tubuh karena mengandung mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Kelebihan lainnya, harganya sangat murah dan tidak mengenal musim alias bisa didapat kapan saja.


Agar Kelapa Muda Tetap enak
Terkadang, kelapa muda yang kita pakai masih ada sisanya. Padahal, sudah telanjur dikeruk. Supaya awet, didihkan air kelapa, lalu masukkan kelapa yang sudah dikeruk, rebus sebentar. Matikan api.

Setelah dingin, masukkan ke dalam lemari es. Dijamin, kelapa muda keruk tahan lama dan tidak basi.

Desa Tabuji



Masih termasuk bagian dari Desa Baru,desa yang berpenghuni sekitar 75 KK,merupakan desa yang baru saja dihuni sejak tahun 2004 saat kerusuhan berbau sara merebak di sebagian wilayah Maluku.
Di desa ini ada sebuah gereja yang merupakan tempat ibadah bagi warga desa ini yang mayoritas Nasrani.
Untuk menuju desa ini selain melalui jalur laut,juga dapat ditempuh melalui jalan darat hingga ke Pelabuahn utama Pulau Obi yaitu Jikotamu
Mata pencaharian penduduk adalah nelayan dan berkebun kelapa untuk dijadikan kopra,sementara sejak ada Perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah ini,banyak penduduk yang beralih menjadi karyawan tambang.
Roda ekonomi masyarakat pun perlahan mulai berputar,seiring bertambahnya kegiatan tambang.Nelayan yang biasanya kesulitan menjual hasil ikannya,kini dapat menjual nya ke Perusahaan tambang terdekat,begitu juga dengan hasil kebun seperti pisang ,sayuran dan lain sebagainya.

Ini dia Pulau Obi ( Obiora )




Dari Jakarta dapat ditempuh melalui Ternate via Manado dengan pesawat terbang pertama,kemudian dilanjutkan dengan kapal reguler yang melayani route Ternate Jiko tamu melalui Pulau Bacan,ditempuh sekitar 20 jam.Biasanya kapal berangkat jam 21.00 malam dan tiba di Jiko tamu sekitar jam 15.00 esok harinya.Pulau Obi hanya mempunyai sedikt dataran rendah,sehingga tak ada sistem pertanian disini yang dapat menunjang kehidupan masyarakat.Karena itu nelayan adalah mata pencaharian utam a selain sedikit berkebun cengkeh atau pala.Jumlah penduduknya hanya sedikit ,begitu juga daerah yang dapat dihuni,,hanya dibagian pesisir pantai saja.
Ada beberapa pulau disekitarnya yang termasuk wilayah Obi seperti Pulau Bisa.Pulau Belang belang dan Pulau Obilatu diutara pulau obi.Pertambangan Nickel merupakan potensi wilayah ini yang paling menarik bagi para investor dan salah satu pemasukan pendapatan asli daerah
Menurut gw ada yang patut disayangkan,potensi lautnya yang begitu kaya,tak tergarap denngan baik.Nelayan hanya mengandalkan peralatan sederhana untuk menangkap ikan,sementara pangsa pasar cukup bagus untuk menampung hasil tangkapan yaitu dengan mensuplai kebutuhan ikan kepada Perusahaan tambang yang ada di daerah ini.

Agas


Teluk Ubur ubur Obi

Agas atau sandflies banyak hidup di daerah pantai yang berawa rawa,baik itu rawa bakau maupun rawa nipah.

Pertama kali gw berinteraksi dengan yang namanya agas saat gw baru datang ke wilayah Konawe, Utara Sulawesi Tenggara ,banyak teman disana yang menjadi korban "gigitan" agas tersebut.Menurut mereka, biasanya saat pertama kali ‘disapa' hewan ini,kita gak tanggap alias kurang menyadari. Pasalnya, dimensi agas begitu kecil,berwarna sedikit putih. Mirip sebutir pasir.Makanya sebagian orang menyebutnya Sandflies.Agas bisa hinggap begitu lama di kulit, di kaos, celana pendek bahkan daypac. Dan akan terus di sana, sampai korban merasakan gatal akibat sengatan dan menepok atau mengusirnya pergi.

Cara agas menyerang dan melakukan "penetrasi juga berbeda dengan kakak sepupunya,nyamuk.Kalo kita digigit nyamuk,rasa sakit akibat penetrasi nya langsung terasa saat itu juga,hingga kita dapat menepuknya hingga mati.Hingga ada rasa puas yang kita dapatkan kalo kita berhasil membunuhnya.Beda dengan agas,rasa sakit baru muncul dan terasa setelah sang agas pergi entah kemana atau telah pindah posisi ke bagian tubuh yang lain,yang kemudian di ikuti oleh rasa gatal.,yang kalo gak di garuk kurang afdhol rasanya.Biasanya agas menyerang mulai pukul lima pagi dan baru berakhir menjelang jam tujuh an,saat udara mulai panas.Dan akan melakukan penyerbuan lagi mulai pukul lima sore hingga malam.Sepertinya dia muncul kalo hari mulai gelap

Gigitan agas ini, akan meninggalkan bercak merah mirip bisul atau jerawat besar yang gatalnya baru reda sekitar 3 - 5 hari kemudian. Selama itu, ‘serangan' pada ruam bekas gigitan akan terus terasa.Yang kalo di garuk makin"nikmat dan tanpa terasa bisa menimbulkan luka bekas guratan kuku. Bahkan yang paling menjengkelkan, seolah pakai shift jaga. Biasanya gatal-gatal hebat paling terasa pada pukul 2 - 3 pagi alias lewat tengah malam.

Agas juga menyita waktu tidur kita.Bayangkan, saat kita tengah tidur lelap harus terbangun karena tak kuasa menahan gatal. Diteruskan menggaruk-garuk nikmat hingga kulit terluka dan mengeluarkan darah serta terasa pedih. Prihatin juga melihat teman teman yang jadi korban agas.Karena pada kulit yang memiliki bakat prurigo atau sering diistilahkan orang sebagai ‘darah manis', bekas-bekas gigitan nyamuk dan garukan hingga menimbulkan luka itu terlihat permanen sampai beberapa lama.Bagi yang baru melihat kejadian tersebut pasti bilang : "Kenapa gak pakai lotion anti nyamuk atau mosquito repellent?" Wah..agas ini beda sama serangga lain, agas ini cerdas banget. Lotion yang bikinan dalam negeri sampai luar negeri juga sudah kami pakai dan hasilnya tidak cukup signifikan.Bahkan minyak tawon yang biasa kita pake buat urut,kita coba sebagai Lotion Sekali waktu cukup berhasil, tapi mungkin itu karena aroma lotion yang mengandung citrus tak disukai si agas,setengah jam kemudian lotion tersebut gak berarti lagi.Gambar diatas adalah contoh serangan agas yang dialami Mr.Adventus.

Solusi untuk menangkal serangan agas.

- Usahakan tidak keluar ruangan pada saat jam "serang"agas

- Gunakan Celana panjang dan baju lengan panjang agar bagian tubuh yang terbuka relatif

sedikit bahkan kalo perlu kaus kaki juga diperlukan untuk menutupi bagian bawah kaki.

- Gunakan anti lotion atau minyak kayu putih sebelum keluar ruangan.

- Segera berobat ke dokter atau Mantri international kalo luka nya sudah 'mengkhawatirkan"

Satu hal yang bikin gw heran, penduduk lokal disini seakan gak peduli dengan kehadiran agas-agas ganas itu. Sangat jarang gw melihat mereka sibuk menepok kulit dengan telapak tangan untuk mengusir agas, atau pun garuk-garuk kena gigitannya. Mungkin kulit mereka sudah kebal karena setiap saat ‘bertempur' lawan agas atau memang rasa persaudaraan sama agas sudah begitu menyatu.

Agas...the best my fiend....

Getah Pepaya

Getah Pepaya Atasi Kanker

SETIAP bagian dari tumbuhan pepaya memiliki khasiat. Bahkan, getah pepaya yang terdapat di seluruh bagian tanaman, mulai dari buah, daun, batang, sampai akarnya, bersifat antitumor dan kanker. Ini karena lebih dari 50 asam amino yang terdapat di dalamnya.

Buah pepaya memiliki kadar serat yang tinggi. Itu sebabnya saat mengalami sulit buang air besar, pepaya adalah buah yang pas untuk dikonsumsi. Tentu, khasiat pepaya tak hanya pada buahnya saja. Linda misalnya. Ibu rumah tangga yang tinggal di Jakarta ini pernah membuat ramuan alami untuk mengatasi gejala cacingan pada anaknya yang berusia 3 tahun dengan memanfaatkan akar kering pepaya dicampur dengan bawang putih. Hasilnya tak kalah dengan obat cacing yang banyak dijual di toko.

Munaroh, juga ibu rumah tangga, pernah merasakan manfaat daun papaya untuk menambah nafsu makan anaknya yang sempat menurun setelah sakit. Hasilnya lumayan, berkat ramuan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir yang kemudian diblender dan disaring guna diambil airnya untuk diminumkan, nafsu makan anaknya jadi bertambah.

Kandungan Papain

Buah, daun, dan akar papaya memang dapat dimanfaatkan mencegah gangguan ginjal, sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, dan gangguan haid. Sementara biji pepaya bermanfaat mengobati cacing gelang, gangguan pencernaan, masuk angin, dan diare.

Dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Bouchut secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan papain bersifat antitumor atau kanker.

Peran itu dimungkinkan oleh kandungan senyawa karpain, alkaloid bercincin laktonat dengan tujuh kelompok rantai metilen. Dengan konfigurasi itu, tak hanya tumor dan penyakit kulit yang disembuhkan, karpain ternyata juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menggangu fungsi pencernaan, sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.

Lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya, antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamat, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysin, arginin, tritophan, dan sistein. Mereka bersatu padu menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Selama ini getah pepaya yang terdapat pada daun memang lebih dimanfaatkan untuk pengempukan daging dengan cara membungkus daging mentah dengan daun tersebut selama beberapa jam dalam suhu kamar. Selain itu, daun pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam daging.

Bentuk Kemasan

Di beberapa daerah, daging dimasak langsung bersama daun dan buah pepaya mentah untuk mendapatkan daging yang lunak dan mudah dicerna. Saat ini, getah yang terdapat dalam daun dan buah pepaya mentah diekstrak untuk dimanfaatkan sebagai bahan campuran pengempuk daging secara komersial. Tepung getah pepaya sebagai pengempuk daging banyak dijual dalam bentuk kemasan di super market atau di toko bahan kimia.

Penggunaan getah tersebut bisa dengan penyuntikan secara langsung pada ternak setengah jam sebelum disembelih agar dagingnya lebih lunak. Enzim papain akan menghidrolisis kolagen dalam daging, sehingga bentuknya menjadi kendur dan daging akan lebih empuk. Enzim papain inilah yang merombak protein (kolagen) menjadi beberapa bagian.

Dalam buku Taman Obat Keluarga edisi III terbitan Departemen Kesehatan disebutkan, pepaya termasuk tanaman yang cepat tumbuh dan berbuah banyak. Di daerah tropis, pembuahan pertama dapat berlangsung kurang dari satu tahun dan kemudian berbuah sepanjang tahun. Jumlah buah bisa mencapai 50-150 per pohon setahun.

Jika selama ini Anda termasuk penggemar buah pepaya, tentu sepakat bahwa manfaat dan nilai gizinya bagi kesehatan sangatlah besar. Tidak sekadar memiliki serat tinggi, pepaya juga mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral. Malah kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, dan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Kaya pula dengan vitamin B kompleks dan vitamin E.

Hebatnya lagi, kandungan enzim papain dalam buah pepaya berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Kadar protein dalam buah pepaya tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah, tetapi hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri.

Meramu Idola Sepanjang Musim

Karena mudah dipelihara dan tidak mengenal musim, harga pepaya memang jauh lebih murah dibandingkan dengan buah lain. Meski harganya murah, manfaat yang dikandungnya ternyata sangatlah besar. Bahkan, setiap bagian tanaman, mulai dari biji, buah, daun, hingga getahnya, dapat dimanfaatkan untuk beragam keluhan. Tak heran, pepaya bisa disebut sebagai buah idola sepanjang musim.

Berikut beberapa contoh meramunya :

Biji

- Mengunyah satu sendok teh biji pepaya mentah dalam kondisi perut masih kosong setiap hari dapat mencegah dan membasmi cacing serta parasit lainnya. Biji pepaya ini dapat dipergunakan dalam keadaan basah maupun kering. Jika rasanya terlalu kuat, bisa dicampur dengan kurma atau madu. Bisa saja biji pepaya ini diblender dan dicampur dengan sedikit air, baru diminum. Sebagai program antiparasit, makanlah biji pepaya ini setiap hari selama seminggu, selanjutnya diulang dua minggu kemudian.
- Cara lainnya, ambil biji pepaya kering berupa serbuk 10 gram. Serbuk ini dididihkan bersama air 150 ml, sampai diperoleh larutan 75 ml setelah disaring. Hasil ini bisa diminum sekaligus dua jam sebelum makan malam.

Akar

- Untuk obat cacing, gunakan akar pepaya kering 10 gram, bawang putih 1 gram, dan air 100 ml. Bahan dipotong-potong, kemudian dididihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml.
- Sebagai minuman penyegar, ambil dua potong akar dan satu lembar daun pepaya. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan satu liter air sampai mendidih, lalu saring. Bila perlu, campurkan madu atau jahe agar rasanya lebih segar.
- Untuk mencegah risiko batu ginjal, ambil tiga potong akar pepaya, kemudian rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian saring. Setelah dingin, campur dengan sedikit madu, lalu minum.

Getah

- Untuk obat luka bakar maupun gatal-gatal di kulit (sebagai obat luar). Oleskan getah dari buah pepaya yang masih muda. Agar tidak terjadi infeksi, bersihkan dulu kulit sebelum diolesi.
- Sebagai pelunak daging, daun pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam daging.

Daun

- Sebagai pengontrol tekanan darah, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan 1/2 liter air hingga tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis sebelum diminum layaknya teh.
- Untuk obat demam berdarah, campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak untuk kemudian didinginkan sebelum siap diminum.
- Obat nyeri perut saat haid, ambil 1 lembar daun pepaya, buah asam, dan garam secukupnya. Rebus hingga masak untuk kemudian dinginkan dan diminum dalam satu gelas.

Buah mentah

- Untuk memperlancar ASI, mengatasi sembelit, gangguan haid, maupun gangguan lambung, manfaatkan buah pepaya sebagai bahan dasar sayuran. Sayuran buah pepaya ini biasanya dimasak seperti halnya membuat sayur lodeh. Sebagai selingan, dapat dicampur dengan daging atau tempe. Jangan lupa, sebelum memasak, cuci buah untuk membersihkan kotoran dan mengurangi getahnya.

Buah masak

- Untuk meningkatkan asupan serat yang membantu menjaga organ pencernaan sekaligus memperlancar BAB. Dapat dimakan langsung atau dibuat jus dengan dicampur buah lain serta ditambah madu atau gula.

Daun Pepaya

Daun Pepaya, Sumber Serat


Daun pepaya, walaupun rasanya pahit, dapat dioleh menjadi masakan yang enak. Cukup banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun berwarna hijau itu. Dibandingkan dengan daging buahnya, kandungan vitamin A dan C daun pepaya jauh lebih tinggi.

Komponen lain yang menonjol pada daun pepaya ini adalah serat pangan. Berikut ini beberapa manfaat serat daun pepaya:

1. Konsumsi serat pangan yang tinggi (terutama dari daun pepaya) akan memengaruhi mikroflora usus sedemikian rupa, sehingga tidak menghasilkan senyawa karsinogenik penyebab kanker.

2. Serat pangan dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan ekskresi asam empedu dalam tinja. Hal tersebut akan menurunkan ketersediaan lemak dan kolesterol, sehingga dapat mencegah aterosklersosis dan penyakit jantung.

3. Serat pangan dapat mencegah sembelit. Di dalam saluran cerna, serat mampu menyerap air dalam jumlah cukup besar, sehingga massa tinja menjadi lunak dan tekanan dalam usus besar berkurang.

4. Serat pangan dalam daun pepaya sangat baik untuk menunjang program diet. Diet dengan makanan tinggi serat akan sangat membantu program penurunan berat badan. Serat pangan mempunyai kemampuan menyerap air yang cukup tinggi sehingga dapt mengingat zat-zat gizi yang teleh disederhanakan oleh enzim pencernaan.

Zat-zat gizi yang larut dan terikat pada serat, selanjutnya akan dikeluarkan melalui tinja. Keadaan tersebut mampu mengurangi ketersediaan zat-zat gizi bagi tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

5. Serat pangan mampu menyerap air dan mengikat glukosa, sehingga mengurangi ketersediaan glukosa. Diet cukup serat juga menyebabkan terjadinya kompleks karbohidrat dan serat, sehingga daya cerna karbohidrat berkurang. Keadaan tersebut mampu meredam kenaikan glukosa darah dan menjadikannya tetap terkontrol.

Bagi anda yang ingin rasa beda silahkan coba salah satu resep ini :

Tumis Daun Pepaya

Bahan :

- 2 ikat daun pepaya (yg masih muda)
- 1 ikat daun singkong ( yg masih muda)
- 100 gr. teri nasi (teri medan)
- 2 sdm minyak goreng (untuk menumis)
- 6 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 4 buah cabe rawit
- 3 buah cabe merah besar
- garam secukupnya
- gula pasir secukupnya
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk purut
- 1 ruas lengkuas dimemarkan
- 100 ml air masak (secukupnya)

Cara membuat :
- Buang tulang daun di bagian tengah daun pepaya, lalu remas remas daunnya dengan garam, cuci bersih dgn air mengalir, remas2 lagi, cuci lagi, tiriskan ( untuk mengurangi /menghilangkan rasa pahit)
- daun singkong cuci bersih, campurkan dengan daun pepaya, lalu rebus sampai lunak, tiriskan, lalu potong-potong.
- Cuci Teri nasi, tiriskan dan goreng setengah matang
- Bumbu : Bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan besar kupas, cuci lalu di iris tipis2.
- Panaskan migor dalam wajan, tumis bumbu2, daun salam, daun jeruk, lengkuas sampai harum, masukkan daun (pepaya+singkong), tambahkan teri nasi, tambahkan air, garam, gula, aduk2 sampai rata, tunggu sampai air habis, angkat
Tumis daun pepaya siap disajikan.
Silahkan mencoba…



TERONG UNGU

Terong, Antioksidan dan Pengikat Zat Besi
Sayuran yang satu ini tak asing lagi di telinga. Bentuknya yang khas dengan warnanya yang ungu membuatnya mudah dikenali dari sayuran lainnya.

Tahukah Anda bahwa terong mempunyai sifat antioksidan yang baik karena kandungan fitonutriennya mengandung komponen fenol seperti caffeic, asam klorogenik serta flavonoid seperti nasunin?

Para peneliti dari US Agricultural Service di Beltsville, Maryland menyatakan komponen fenol dalam terong berkhasiat sebagai antioksidan. Selain fenol, di dalam terong terdapat komponen lain yang bersifat melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan jamur.

Meskipun terong bervariasi, tapi ternyata di dalam semua variasi terdapat kandungan fenol yang predominan yaitu asam klorogenik. Selain sebagai antiradikal bebas, komponen asam ini juga berfungsi sebagai antikanker, antimikroba dan anti LDL serta antiviral.

Selain asam klorogenik, komponen flavonoid seperti nasunin juga merupakan antioksidan serta pemberi proteksi membran sel tubuh terhadap radikal bebas dengan memberikan makanan bergizi bagi otak. Membran sel di dalam otak mengandung lipid yang tidak hanya memproteksi sel tubuh dari radikal bebas tapi juga mengabsorbsi nutrisi untuk tubuh dan membuang hasil metabolisme tubuh.

Nasunin juga berfungsi sebagai pengikat zat besi jika terjadi kelebihan zat besi di dalam tubuh. Zat besi memang baik untuk fungsi imunitas dan transport oksigen dalam tubuh. Tapi jika berlebihan, zat besi di dalam tubuh akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Wanita yang masih mengalami menstruasi akan kehilangan zat besi setiap bulannya sehingga risiko mengidap penyakit jantung akan lebih kecil. Tetapi pada wanita yang sudah menopause dan juga para pria, zat besi tidak mudah dikeluarkan sehingga bisa terjadi penumpukan di dalam tubuh.

Untuk itu, nasunin yang bersifat mengikat zat besi ini bisa mengurangi pembentukan radikal bebas dan melindungi kerusakan sel tubuh serta mengurangi kerusakan akibat radikal bebas di sendi-sendi tubuh.

Hubungi via :