met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

26 Maret 2010

Cara bongkar AC Split

Cara membongkar pasang ac split tanpa membuang freon dapat anda lakukan dengan cara sebagai berikut:
operasikan ac split, tunggu sampai indoor unit memberikan supply listrik kebagian outdoor unit.
setelah outdoor unit dapat beroperasi pasang selang manifold yg berwarna biru pada pentil pengisian freon lalu buka mur penutup kran valve yg berukuran 1/4 dan 3/8 (untuk ac split ukuran 0,5 PK sampai 1 PK)

setelah mur kran valve terbuka, ambil sebuah kunci L yg ukurannya sama dengan lubang kunci L yg berada pada kran valve.
putar kekanan sampai habis kran valve yg ukuran 1/4 dengan kunci L sambil melihat jarum manifold tekanan rendah sampai posisi jarum manifold menyentuh angka 30" (vakum dibawah angka 0 psi).

setelah jarum manifold tekanan rendah menyentuh angka 30" tutup kran valve ukuran 3/8 dengan kunci L kearah kanan sampai habis lalu matikan ac split segera, jangan terlalu lama.
setelah ac split dimatikan, cabut steker dari aliran litrik, bila tidak menggunakan steker berarti anda harus melepaskan kabel power supply dari aliran litrik.
bila anda belum terbiasa memutuskan aliran litrik pada kabel power supply, saya sarankan matikan mcb pada box pembagian litrik atau pada meteran listrik agar anda tidak tersengat aliran listrik pada saat melepaskan sambungan kabel power supply.

setelah tidak ada aliran listrik yg mengalir pada ac split barulah anda melepaskan sambungan kabel dan nepel pada indoor dan outdoor.
setelah sambungan nepel indoor dan outdoor terlepas, pasang kembali mur penutup kran nepal dan tutup kran valve dengan solasi agar kotoran tidak dapat masuk.

begitu juga dengan pipa yg berada pada indoor unit tutup juga dengan solasi agar kotoran tidak dapat masuk.
ujung pipa installasi ac split juga harus ditutup dengan solasi, bila anda ingin menggunakan kembali.

Kerusakan kulkas satu pintu

lemari es tidak dingin sama sekali
-check/pegang body kulkas pada sisi samping kanan dan kiri apa terasa panas, bila tidak mengeluarkan panas berarti compressor tidak bekerja sama sekali.
- check apa compressornya hidup atau mati, pergunakan testpen terlebih dahulu pada body kulkas, apa compressor contact body?

-check relay compressor yg berada pada samping compressor, dengan melihat dalam bagian mica atau bimetalnya.
-check, apakah kabel yg menuju ke compressor terputus karena digigit oleh tikus?
-check thermostat yg berada pada samping kanan tutup bagian frezzernya, apakah setelannya berada pada posisi off?naikan/putar kearah kanan, bila thermostat berada pada posisi off.
-check tegangan listrik dirumah anda dengan multitester dan setel pada posisi pengukuran ac volt, apa jarum pada multitester sampai pada angka 220 volt.bila dibawah 200 volt pergunakan stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik dirumah anda karena compressor tidak mau start bila tegangan listrik dibawah 200 volt, kecuali lemari es anda keluaran baru dari sharp yg compressornya tetap akan start pada tegangan 180 volt.
-check pada sambungan pipa disekitar compressor, apa ada terlihat oli? bila ada berarti sambungan pipa ada yg bocor, dengan adanya kebocoran dapat mengurangi isi freon didalam sistem sehingga lemari es tidak dapat menghasilkan dingin secara maksimal.
-check pada bagian evaporator apa ada yg bocor, karena sewaktu anda mengambil es batu menggunakan benda tajam? bila ada kebocoran jangan operasikan lemari es karena bisa merusak compressor.

lampu dalam lemari es tidak hidup bila pintu kulkas dibuka.
-check apakah lampu putus? bila putus ganti dengan yg baru, sebelum mengganti lampu cabut steker lemari es.
-check switch lampu yg berada dibalik pintu sebelah kanan, apakah masih berfungsi dengan baik? bila kondisi lampu masih baik berarti switch lampu yg mengalami kerusakan.
check karet magnet pada pintu, apakah masih bisa menempel dengan baik.
ini saya berikan tutorial cara perbaikan lemari es, dan terjemahkan oleh anda sendiri karena tutorialnya dalam bahasa inggris silahkan di download disini

No frost


Lemari es dua pintu atau lebih telah menggunakan sistem no-frost atau tidak berbunga es.
berbeda dengan lemari es satu pintu yg tidak menggunakan sistem nofrost atau tidak berbunga es, jadi bila kita ingin mengambil es batu pada bagian frezzernya terasa begitu sulit, karena frezzer telah dipenuhi dengan bunga es yg begitu tebal.

cara kerja sistem no-frost adalah mencairkan bunga es yg telah menebal pada evaporator yg telah didinginkan oleh compressor selama tujuh jam, setelah tujuh jam bimetal dalam defrost timer berpindah keposisi defrost yg menghubungkan pada heater/pemanas, defrost thermostat dan fuse selama lebih kurang lima belas menit.
heater berfungsi untuk mencairkan bunga es, defrost thermostat berfungsi sebagai relay yg dapat meneruskan arus listrik pada heater (pada suhu yg terendah bimetal dalam defrost thermostat menutup atau menyambungkan arus listrik pada heater)
fuse berfungsi sebagai pengaman, jika defrost thermostat rusak, bimetal didalamnya tidak dapat membuka dan defrost timer juga rusak tidak dapat memindahkan contact pada compressor, maka heater/pemanas akan bekerja secara terus-menerus, untuk mencegahnya fuse memutuskan aliran listrik yg mengalir pada heater agar heater tidak melelehkan lemari es anda.
kerusakan yg terjadi pada sistem no-frost adalah ditandai dengan adanya bunga es pada bagian frezzernya atau dibagian pintu bawah lemari es tidak mengeluarkan udara dingin.

untuk mengetahui kerusakan pada sistem no-frost adalah:
-check defrost timer, apa dapat berpindah contact dari compressor ke heater?
defrost timer adalah sebuah alat yg berfungsi untuk memindahkan aliran listrik pada compressor dan heater yg didalamnya terdapat gulungan motor untuk memutar roda-roda gigi yg saling bersusun agar dalam waktu hitungan tujuh jam contact bimetal berada pada contact compressor, setelah tujuh jam berpindah pada contact heater selama lebih kurang lima belas menit, lalu kembali lagi pada contact compressor, begitulah terus menerus selama lemari es dioperasikan.
-check defrost thermostat, apakah dibawah suhu terendah bimetalnya dapat menutup/dapat mengalirkan arus listrik?
-check fuse, apa ada tahanan/ohm ketika diukur dengan multitester?
fuse dalam suhu rendah atau tinggi tetap ada tahanan/ohm.
-check heater pemanas dengan multi tester.
heater pemanas bentuknya ada yg mengikuti jalur evaporator dan satu lagi berbentuk tabung panjang dengan dua buah kabel di sisi kanan dan kirinya.

cara penanganan sementara kerusakan sistem defrost adalah cabut steker lemari es selama beberapa jam, agar es yg menutupi evaporator mencair.
setelah itu operasionalkan kembali lemari es anda.
ingat cara diatas hanya penanganan pertama, lemari es pintu 2 anda akan kembali dipenuhi bunga es jika anda belum mengganti komponen defrost yg mengalami kerusakan.

Kerusakan pada Kulkas dua pintu

kerusakan yg sering terjadi adalah lemari es tidak bisa menjalankan sistem nofrost, kebocoran freon dalam sistem, compressor tidak dapat start/macet.
pada lemari es dua pintu atau lebih ada yg menggunakan defrost timer manual(menggunakan defrost timer dengan 4 kaki terminal).
dua kaki terminal no 1 dan 3 dihubungkan dengan power supply, no 2 dan 4 dihubungkan pada heater/pemanas dan compressor.
dan ada yg menggunakan defrost timer elektonik/pcb, biasanya type defrost timer ini berada pada lemari es tiga pintu atau empat pintu.


keberadaan defrost timer pada lemari es berbeda-beda, ada yg terletak dibelakang lemari es dekat dengan fan motor, ada yg terletak pada samping kiri dekat compressor dan ada yg berada pada bagian sisi atas lemari es.


komponen listrik yg berada pada lemari es dua pintu adalah:

1. compressor.
2. relay compressor.
posisinya berada pada terminal compressor.
3. overload compressor.
posisinya berada pada terminal compressor.
4. starting dan runing capasitor.
5. thermostat.
posisinya berada dibagian dalam pintu atas/bagian frezzer.
6. fan motor.
posisinya berada dibagian dalam pintu atas/bagian frezzer.
7. defrost timer.
8. defrost thermostat.
posisinya berada dibagian dalam pintu atas menempel pada evaporator.
9. thermofuse.
posisinya berada dibagian dalam pintu atas menempel pada evaporator.
10. heater/pemanas pada body dibelakang pintu atas.
11. heater/pemanas pada lubang salurang pembuangan air.
12. heater/pemanas pada evaporator.
posisinya berada dibagian dalam pintu atas menempel pada evaporator.
13. switch fan motor yang posisinya berada dibagian dalam atas dibelakang pintu atas.
14. switch lampu yang posisinya berada dibagian dalam bawah dibelakang pintu bawah.

kerusakan pada lemari es dua pintu atau lebih, kerusakannya sama seperti lemari es satu pintu.
kerusakan yg lainya adalah:

lemari es tidak dingin sama sekali

- check apakah steker pada stop kontak sudah terpasang dengan benar?
- check dengan melihat lampu dalam lemari es, apakah menyala? jika tidak menyala periksa swith lampu.
jika switch kondisinya bagus berarti lemari es tidak mendapatkan power suplly listrik.

- check fan motor, buka pintu bagian atas sambil menekan switch fan motor dengan jari anda. apa ada hembusan angin? jika ada fan motor dalam kondisi normal.
jika tidak ada hembusan angin, check apakah defrost timer sedang dalam kondisi defrost? selama proses defrost, compressor dan fan motor tidak akan mendapatkan aliran listrik.
check juga fan motor apakah tidak dapat berputar/macet lumasi dengan olie jika macet.

- check compressor beroperasi atau tidak? jika beroperasi, lihat pada bagian pipa-pipa disekitar compressor apakah ada kebocoran freon.
jika ada rembesan oli disekitar compressor, berarti ada kebocoran freon.
lakukan perbaikan dengan mengelas pipa-pipa yg bocor, setelah tidak ada kebocoran pasang pentil pengisian freon, tambahkan oli compressor, lakukan vakum kemudian isi dengan freon sampai jarum tekanan pada manifold warna biru menunjukan angka 15-20 psi.
- check tekanan yg dihasilkan oleh compressor apa mampu memberikan tekanan sampai 250 psi.
jika compressor tidak beroperasi.
- check relay compressor apakah berfungsi dengan baik?
- check starting capasitor bila compressor menggunakannya.
- check overload compressor.
- check apa kabel yg menuju compressor terputus karena digigit oleh tikus.
- check defrost timer, apa mengalirkan listrik ke bagian compressor.

relay yg banyak dipergunakan pada compressor lemari es pintu 2 adalah relay yg berisi dengan 2 bimetal yg menjepit lingkaran mika yg berbentuk seperti uang logam.
pada relay ini kerusakan yg terjadi adalah bimetal didalam relay aus atau terbakar sehingga tidak dapat menenpel pada mica.
kerusakan lain pada relay adalah mica didalam relay pecah atau retak

check starting capasitor dengan multitester pada posisi skala ohm x 1000 tempelkan probe tester dengan kaki-kaki yg berada pada capasitor jika jarum multitester bergerak kekanan lalu kembali lagi kekiri, berarti capasitor berkondisi baik.

cara mengecek overload compressor adalah dengan multitester pada posisi skala ohm x 1 jika jarum multitester bergerak/ada tahanan berarti overload dalam kondisi baik.

cara mengecek defrost timer adalah putar knop yg berwarna coklat searah jarum jam mendekati waktu defrost atau mendekati waktu start compressor lalu aliri listrik kaki no 1 dan 3 lalu tunggu lebih kurang 15 menit.

apa terdengar bunyi perpindahan bimetal pada defrost timer dari compressor ke heater atau dari heater ke compressor?
jika defrost timer dapat memindahkan aliran listrik yg berada pada bimetal ke compressor atau sebaliknya, berarti defrost timer dalam kondisi baik.

Cara ganti Kompressor

Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es yg akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut.
bila compressor yg akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal.
perlu juga anda ketahui pengisian freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada ac split.

ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada ac split dan ac window.
dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir.
ganti strainer dan pipa kapiler dengan yg baru bila anda ingin mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru.

alat yg dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah:

1. alat-alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen.
2. manifold.
3. freon 12 atau freon 134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es.
4. pentil pengisian freon.
5. perak/kawat las tembaga.
6. pemotong pipa/cutter
7. flare-nut/flereng
8. tools/kunci perkakas

compressor lemari es ada dua macam yaitu:
1. compressor piston
2. compressor rotary
compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor jenis rotary.
dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.

saya pernah mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak ada masalah(dalam keadaan dingin/normal).
pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor.

mau tidak mau saya harus mengganti compressor yg rusak itu dengan compressor yg baru kembali.
tapi tidak saya ganti dengan type compressor yg sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yg begitu sempit.
karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontal dalam penempatannya.

compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah.
adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge.
- satu pipa hisap/suction.
- satu pipa untuk pengisian freon.

pipa-pipa yg keluar lima buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge
- satu pipa hisap/suction
- satu pipa untuk pengisian freon.
- dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.

sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan.
dan sebelum anda melakukan pelepasan pipa yg berada dibagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang !!! semuanya.
yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8 (panjang sekitar 10 cm) yg berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian freon.

setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yg baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor.
saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba dulu menjalankan compressor.
sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat menukarnya kembali.

bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap.
bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yg keluar dari comppressor.

setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon.
sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain basah agar hawa panas pada pentil menghilang, setelah itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan.

beralih ketahap pemasangan strainer, terserah anda mau memakai strainer isi silica gel atau strainer kosong/tanpa isi silica gel.
strainer, lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan ujungnya biarkan terbuka jgn dilas.)
bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.

pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut.
bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser.
jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.

setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai angka 30" bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer.
bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas berarti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las.
tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
cara penggunaan manifold sudah saya pernah tulis, silahkan baca terlebih dahulu yg belum mengerti cara penggunaan manifold.

setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere.

liat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator.
bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu)
untu lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.

untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami kebuntuan.
untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi?
bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.



Cek AC mobil

Prinsip kerja mesin pendingin semuanya sama, yg berbeda hanya alat spare-part dan freonnya saja, pada ac mobil menggunakan compressor yg digerakkan dengan sebuah vanbelt melalui putaran mesin.
compressor ac mobil menggunakan clutch/kopling untuk menggerakan piston didalam compressor, pipa pengeluarannya berbentuk drat luar dengan tulisan S untuk suction/hisap D untuk discharge/tekan.

coba anda perhatikan selang karet bernepel dari compressor drat D (discharge/tekan) pasti menuju pada condenser yg berada didepan radiator mobil anda, dari condenser disambungkan pada strainer yg mempunyai sight glass (kaca untuk melihat aliran freon) lalu dari strainer menuju Expansion valve (pengganti pipa kapiler) baru masuk kedalam evaporator dan kembali kepada compressor drat S (suction/hisap).

evaporator dan condensor pada ac mobil model sekarang terbuat dari almunium, jadi bila terjadi kebocoran anda bisa membeli yg baru atau memilih untuk dilas.
anda bisa mengelasnya di jalan wr buncit raya dekat kantor imigrasi jakarta selatan, ini anda lakukan bila kebocoran pada evaporator/condenser tidak terlalu banyak bocornya, soalnya biaya las dihitung perlubang.

hal-hal yg membuat ac mobil anda menjadi tidak dingin

1. Adanya kebocoran pada selang karet suction atau discharge.
bila anda ingin memperbaiki sendiri anda dapat memotong selang karet tepat ditempat yg terjadi kebocoran dengan pisau cutter.
masukan 2 buah klem baut yg ukurannya lebih dari selang karet ac mobil anda, lalu masukan pipa ac ukuran 5/8 panjang 10 cm kedalam selang karet yg anda potong tadi lalu kencangkan klem baut untuk menekan pipa 5/8 agar tidak terjadi kebocoran.
lakukan vakum dengan mesin vakum kemudian isi freon R134A atau R12, ditoko spare-part ac ada yg menjual freon R134A ukuran 3 ons, belilah 2 botol untuk ac mobil yg tidak doble blower.
tapi bila ac mobil anda doble blower belilah 3 atau 4 botol.
pentil pengisian freon pada compressor ac mobil sekarang berdrat dalam, tidak seperti comppressor ac mobil R12 berdrat luar yg langsung dapat dipasangkan selang manifold.
anda harus membeli alat tambahan agar selang manifold dapat terpasang pada compressor ac mobil R134A.

2. Tekanan yg dikeluarkan oleh comppressor ac mobil anda sudah lemah, mungkin klep tekan dan klep hisap yg berada dalam comppressor ada yg patah.
kalau compressor tekanannya sudah berkurang, saya sarankan anda menggantinya dengan yg baru.

3. Evaporator dan condenser tertutup oleh debu atau kotoran.
anda dapat merasakan desiran angin yg keluar dari blower ac mobil anda, bila udara yg keluar tidak beraturan berarti blower ac mobil anda harus dicuci dengan mesin steam.

4. Extra fan pada condenser tidak dapat berputar
chek apa ada aliran lstrik 12 volt dc pada kabel yg menuju extra fan.

5. Evapporator mengalami kebocoran.
untuk mengeceknya memang agak sulit karena anda harus membuka evaporator tersebut.

6. condenser mengalami kebocoran.
untuk mengeceknya anda siramkan air sabun pada sisi kanan dan kiri condensor tersebut, perhatikan apa ada gelembung udara yg keluar diantara tekukan U nya.
periksa juga sambungan nepel di compressor, strainer, condenser dan di evaporator, ini dilakukan bila freon masih tersisa dalam sistem ac mobil anda.

7. Chek thermostat apakah dapat menghubungkan aliran listrik.

ac mobil menggunakan switch pressure, jadi bila tidak ada tekanan freon dalam sistem ac mobil anda, compressor tak mau hidup walaupun switch ac anda geser keposisi on.
dan untuk mengecek apa freon dalam ac mobil anda berkurang atau tidak, anda dapat melihat pada sight glass yg berada pada strainer/drier.
bila anda melihat aliran freon ada berbusa berarti ada pengurangan freon tapi bila yg anda lihat seperti aliran air dan tidak berbusa berarti ac mobil anda berkondisi baik/tidak ada pengurangan freon.


Cara kerja sebuah lemari es sama seperti cara kerja sebuah air conditioner, yg berbeda adalah pemakaian compressor, evaporator, condenser dan pipa kapiler.
compressor pada lemari es umumnya bersklala kecil mulai dari 1/10 pk sampai 1/3 pk, evaporator dan condenser yg digunakan jg berbeda dengan evaporator dan condenser yg digunakan pada ac.

evaporator pada lemari es ada 2 macam yaitu evaporator basah dan evaporator kering.
pada lemari es keluaran terbaru, condensernya terdapat dalam body lemari es tersebut, jadi bila terjadi kebocoran pada bagian dalam condenser, satu-satunya jalan adalah mengganti condensor tersebut dan menempatkannya pada belakang body lemari es.
condenser pada lemari es tidak memerlukan pendinginan dengan sebuah fan motor, cukup dengan pendinginan alami.
pada lemari es satu pintu dibagian evaporatornya tidak menggunakan fan motor untuk menghembuskan udara dingin, lain dengan kulkas dua pintu keluaran terbaru yg dibagian frezernya terdapat sebuah fan motor untuk menghembuskan udara dingin kebagian pintu bawah.
pipa kapiler yg digunakan pada lemari es jg lebih kecil dibandingkan dengan ac, lemari es mengunakan pipa kapiler ukuran 0,27" sampai dengan 0,31".
freon yg digunakan pada lemari es juga berbeda dengan freon yg digunakan pada ac split dan ac window.
ac split dan ac window menggunakan freon R22 sedangkan lemari es menggunakan freon R12 dan R134A.

Kran / Valve

Kran valve pada outdoor unit

Kran valve adalah sebuah alat yg dapat membuka tutup seperti kran air, bedanya adalah kran air dapat ditutup dan dibuka dengan tangan, kalau kran valve pada outdoor unit dibuka dan ditutupnya menggunakan kunci L.

kran valve berfungsi untuk mengunci freon didalam outdoor unit.
bila anda membeli ac split baru outdoor unitnya sudah terisi oleh freon.
jadi sewaktu ac split sudah selesai terpasang,
kran valve pada outdoor unit harus dibuka agar freon dapat bersikulasi didalam unit pendingin.

ac 1/2 pk, 3/4 pk dan 1 pk mempunyai kran valve yg berukuran 1/4 untuk pipa tekan(discharge) dan kran valve yg berukuran 3/8 untuk untuk pipa hisap(suction) dapat anda lihat pada gambar diatas.
semakin tinggi kapasitas pendinginan, semakin besar pula kran valve yg digunakan.
untuk membuka dan menutup kran valve, terlebih dahulu anda harus membuka mur penutup kran nepel dengan kunci inggris.
mur penutup kran nepel befungsi untuk menahan kebocoran freon, bila seal pada kran valve bocor.
untuk itu setelah anda membuka mur penutup kran nepel dan memasangnya kembali, usahakan mur penutup kran nepel dikencangkan kembali.
kerusakan pada kran valve biasanya adalah kebocoran disekitar kran valve dan bagian belakang kran valve yg berada didalam outdoor unit.
dapat diperbaiki dengan cara mengelasnya atau menggantinya dengan kran valve yg baru.

catatan: yg ditunjukan oleh tanda panah dalam gambar adalah pentil pengisian freon.

Cek Kondisi AC

Pengecekan arus listrik/amper pada compressor dilakukan saat ac split beroperasi atau saat pengisian freon, menggunakan sebuah alat yaitu tang amper atau clamp multimeter.

tang amper dapat berfungsi sebagai multitester.
bila arus listrik atau amper melebihi ambang batas akan mengakibatkan compressor overload.
overload berfungsi memutuskan aliran listrik bila suhu pada compressor melebihi dari 150 derajat celcius.

cara mengunakan tang amper sangatlah mudah, seperti yang anda lihat pada gambar disamping kiri.

pertama-tama bila ingin mengecek arus listrik/amper sebuah compressor adalah buka tutup power supply pada outdoor unit lalu rengangkan kabel power supply dari indoor unit agar ujung jepitan pada tang amper dapat masuk pada salah satu kabel power supply lalu posisikan knop pada ukuran arus listrik atau amper pada skala 10 amper atau pada skala 20 amper.

nilai arus listrik/amper (current) dapat anda lihat pada tabel disisi kanan indoor unit.
untuk mendapatkan berapa watt ac split anda, tinggal kalikan saja dengan tegangan listrik negara kita yaitu 220 Volt.
contoh : arus listrik yang kita ukur pada outdoor unit adalah 3.2 amper berarti 3.2 A X 220 Volt = 704 watt daya listrik yang dibutuhkan.

Spare part Outdoor

Komponen listrik yang berada pada outdoor unit adalah:

1. running capasitor

2. fan capasitor

3. fan motor

4. overload compressor

5. komponen pcb (untuk ac split type multi)


Running capasitor berfungsi menyimpan muatan listrik untuk menbantu gerak putar motor pertama atau start compressor.
kerusakan running capasitor dapat diketahui dengan menggunakan multitester yaitu dengan cara:
posisikan knop multitester pada skala ohm/tahanan X 1000 lalu tempelkan kedua probe multitester kepada dua kaki terminal running capasitor kemudian lihat pada waktu anda menempelkan kabel probe - dan +, apa jarum penunjuk pada multitester bergerak kekanan lalu kembali lagi kekiri dengan cepat?
bila "ya" berarti running capasitor dalam kondisi baik, bila jarum multitester tidak kembali lagi kekiri dengan cepat berarti running capasitor rusak.

Fan capasitor berfungsi untuk membantu start pertama pada fan motor outdoor unit, cara mengetahui kerusakan fan capasitor sama dengan cara mengetahui kerusakan pada running capasitor.

Fan motor pada outdoor unit berfungsi untuk membuang panas yang berada pada condenser, kerusakan pada fan motor outdoor dapat anda lihat pada artikel fan motor outdoor unit.

Overload compressor berada dekat dengan terminal compressor, berfungsi untuk memutuskan aliran listrik bila arus listrik yang masuk pada compressor melebihi ambang batas.
didalam overload terdapat 2 bimetal dan jika dilalui arus listrik yang tinggi dapat memuai, sehingga arus listrik dapat dicegah untuk masuk ke compressor.
dengan adanya overload tidak menjamin compressor tidak dapat terbakar gulungan dinamonya.
cara mengetahui overload yang rusak yaitu dengan cara mengukur kedua terminal yang berada pada overload dengan multitester pada skala ohm.
bila jarum multitester bergerak disaat kedua kabel probe ditempelkan pada kedua kaki overload, berarti overload dalam kondisi baik.
cek juga pada bagian bawah overload apakah berkarat atau tidak? bila berkarat atau sudah rapuh, ganti overload dengan yang baru.

Komponen pcb pada outdoor unit hanya ada pada ac split type multi yaitu 1 outdoor unit dengan 2 indoor unit.
untuk mengetahui kerusakan pada komponen pcb, anda harus mempunyai dasar ketrampilan dibidang elektronika.
belilah buku yang mengajarkan keterampilan elektronika untuk dijadikan dasar keberanian anda untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada bagian komponen pcb ac split.
tanpa adanya dasar pengetahuan tentang elektronika, jangan coba-coba memperbaikinya berdasarkan insting anda, dengan begitu kerusakan yang terjadi pada komponen pcb anda, dapat anda perbaiki dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Cara pasang AC

Cara pemasangan ac split















Cara pemasangan ac split dapat anda lakukan bila tool/alat-alat kerja sudah anda miliki, seperti:
-kunci-kunci perkakas contoh obeng kembang, palu, kunci inggris dsb.
-flare nut yaitu sebuah alat untuk mengembangkan ujung pipa ac split.
-pemotong pipa, yang berfungsi untuk memotong pipa ac ac split.
-bor listrik.
-manifold.
-freon/regrigerant.

pemasangan ac split yang baru biasanya dilakukan oleh teknisi dari toko ac yang anda beli, tapi bila anda sudah menpunyai teknisi atau ingin pasang sendiri anda bisa membeli unit ac nya saja.
pertama-tama yang harus dilakukan dalam pemasangan ac split adalah melihat posisi dimana ac split akan dipasang dan kemana jalur pipa instalasi ac split harus ditempatkan, diatas plafon atau tertanam didalam tembok.

setelah menentukan posisi ac split yang cocok, buka dus yg berisi indoor unit yang didalamnya terdapat indoor unit, bracket indoor, kabel power supply untuk ke outdoor unit dan remote control.
dibelakang indoor unit terdapat bracket yang harus anda lepaskan, lalu pasang pada dinding dengan posisi yamg anda inginkan.
memasang bracket indoor dapat anda lakukan dengan memakunya dengan paku beton atau mengebornya bila ingin menggunakan fisher, posisikan bracket indoor dengan waterpas agar tidak miring kekanan dan kekiri agar air yang keluar dari indoor unit dapat dengan lancar keluarnya.

setelah bracket indoor terpasang, pada bagian mana drat nepel/pipa ac yang keluar pada indoor akan diposisikan?
bila pada bagian kanan bawah dari bracket indoor, anda harus membuat lubang atau membobok temboknya yang diameter bobokannya sesuai dengan selang pembuangan air dan pipa ac yang keluar dari indoor unit.
bila anda tidak ingin membobok tembok anda dapat mengeluarkan drat nepel/pipa ac yang keluar dari indoor melalui sisi kanan atau kiri dari indoor yang sudah disediakan.

setelah bracket indoor terpasang dan bobokannya sudah siap, pasang indoor unit pada bracket dan posisikan drat nepel/pipa ac yang keluar dari indoor unit pada lubang bobokan tembok.
setelah indoor terpasang pada bracket, dorong keatas dan tarik kebawah agar indoor terkunci dengan bracket.

biasanya bila anda membeli ac split yang merknya bukan changhong, anda tidak akan mendapatkan pipa ac split dan bracket outdoornya.
jadi anda harus membeli pipa ac split, tergantung berapa meter yang anda butuhkan untuk pemasangan ac split nya dan membeli bracket outdoor bila posisi untuk outdoor unit harus diletakan dibawah plafon atau digantung pada dinding tembok.

setelah pemasangan indoor telah selesai dilakukan, beralih ketahap pemasangan pipa instalasi ac split.
pipa instalasi ac split ini terbuat dari tembaga yang lentur dan mudah dibentuk dalam pelaksanaan pemasangannya.
tapi hati-hati jangan sampai ada instalasi pipa ac split yang tertekuk/penyok karena dapat menghambat sirkulasi freon yang dapat menyebabkan ac split tidak mau dingin/bekerja dengan normal.

instalasi pipa ac split harus disesuaikan dengan kapasitas ac/pk nya, bila ac split anda 1 pk 0,75 pk atau 0,50 pk berarti harus menggunakan pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4 dan 3/8.
semakin besar kapasitas ac split, semakin besar pula ukuran instalasi pipa ac split yang digunakan.

buka 2 buah mur nepel yang berada pada pipa di indoor unit dengan menggunakan 2 buah kunci inggris.
setelah 2 buah nepel pada indoor unit anda lepaskan, masukan nepel 3/8 pada pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 lalu lihat pada ujung pipa instalasi ac split, apakah pada diameter pipanya terpotong dengan rata? bila tidak rata lakukan pemotongan dengan pemotong pipa.

setelah pipa ac split terpotong dengan rata, masukan pipa instalasi ac split pada lubang penjepit flare nut yang berukuran sama dengan pipa ac split yang akan kita flareng, ketinggian pipa yang keluar pada ujung bibir flareng kira-kira 0.2 cm.

setelah pipa instalasi ac berada tepat pada lubang penjepit flareng, pasang pemutar flareng dengan mata flareng yang berbentuk kerucut pada penjepit flareng, lalu putar sampai mengenai pipa instalasi ac split agar bisa mengembang.
lakukan hal yang sama pada pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4.

setelah selesai melakukan pengembangan pada pipa instalasi ac split dengan flareng, pasang pipa instalasi ac split yang sudah dipasang nepel ke drat nepel pipa ac split yang keluar dari indoor unit dan sesuaikan.
ukuran pipa instalasi ac split 3/8 ke 3/8 pada drat nepel indoor unit dan ukuran pipa instalasi ac split 1/4 ke 1/4 pada drat nepel indoor unit.
kencangkan mur nepel kedua-duanya dengan menggunakan 2 buah kunci inggris agar tidak terjadi ruang kebocoran freon.

setelah dikencangkan mur nepelnya tutup dengan pembungkus pipa/hamaflex, kemudian lilitkan solasi untuk merapatkan pembungkus pipa agar tidak terjadi kondensasi.
setelah selesai melakukan pemasangan nepel pipa instalasi ac split pada drat nepel indoor unit, atur posisi instalasi pipa ac split agar kelihatan rapih.

selanjutnya pemasangan kabel power untuk supply listrik kebagian outdoor unit.

buka tutup indoor unit, kemudian lihat pada bagian komponen pcb yang terdapat terminal untuk pemasangan kabel power ke bagian outdoor unit biasanya disitu tertulis 1 dan 2 dan N L.
untuk kabelnya pergunakan sesuai ukuran pk ac split nya biasanya standart dari pabrik adalah ukuran 3 X 2.5 untuk ukuran ac split 1 pk.

masukan kabel untuk power outdoor unit melalui lubang bobokan pipa ac dan pasang kabel pada terminal yg berada dibagian bawah komponen pcb, kabel warna hitam pada terminal no 1, kabel warna biru pada terminal no 2, dan kabel warna kuning pada ground, kencangkan dengan menggunakan obeng kembang.

setelah selesai melakukan pemasangan kabel power untuk outdoor unit, kita ketahap pemasangan instalasi pipa ac split pada outdoor unit.
yang harus dilakukan pada tahap ini sama dengan apa yang dilakukan pada tahap pemasangan instalasi pipa ac split pada indoor unit.

untuk pemasangan kabel power outdoor unit, buka tutup power suplly outdoor unit yang berada diatas kran valve.
setelah selesai melakukan pemasangan instalasi pipa ac split dan pemasangan kabel power supply untuk outdoor unit, tahap berikutnya adalah pengecekan kebocoran diantara 4 buah kembang nepel yang baru kita buat, yaitu 2 kembang nepel pada indoor dan 2 kembang nepel pada outdoor.

caranya adalah sebagai berikut :
pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon, lalu pasang selang berwarna kuning pada mesin vakum.
lalu lakukan pemakuman agar tidak terdapat udara didalam evaporator dan pipa instalasi ac split.

vakum yang baik harus mencapai 30', bila telah selesai divakum jarum pada manifold bergerak keatas, berarti ada ruang kebocoran freon.
lakukan pemeriksaan kebocoran dengan kuas yang diberi air sabun pada kembang nepel yang berada pada indoor unit dan outdoor unit.

biasanya ruang kebocoran terjadi karena kembang nepel pecah dan mur nepel kendor/tidak dikencangkan, lakukan flereng ulang pada kembang nepel yang pecah atau kencangkan kembali mur nepel yang kendor.

bila jarum pada manifold tidak bergerak atau tetap pada angka 30' berarti tidak terdapat ruang kebocoran, lalu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan yg 3/8 dengan menggunakan kunci L , buka sampai kedua kran nepel terbuka penuh.
bila sudah membuka kran nepel tahap selanjutnya adalah menyambungkan aliran listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit.

ingat...kabel power suply yang berwarna coklat harus diposisi - atau api , agar sewaktu ac split tidak dioperasikan, dibagian outdoor unit tidak tersambung langsung dengan aliran listrik.
setelah penyambungan power suplly selesai, ac split siap untuk dioperasikan.

bila anda tidak mempunyai mesin vakum, pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan pasang selang yang berwarna kuning pada tabung freon.
buka mur nepel ukuran 1/4 pada outdoor unit lalu masukan tekanan freon agar freon dapat mendorong udara keluar melalui mur nepel 1/4 pada outdoor unit.
pada saat freon keluar, kencangkan kembali mur nepel 1/4 dan masukan tekanan freon kembali sampai mencapai 100 psi.

lihat dan perhatikan, bila jarum manifold turun dan tidak lagi menunjukan angka 100 psi, berarti ada ruang kebocoran pada 4 buah kembang nepel yang anda buat.
cari ruang kebocoran dengan menggunakan kuas yang diberi air sabun bila sudah menemukan ruang kebocoran segera diperbaiki.

tapi bila jarum pada manifold tetap menunjukan angka 100 psi, berarti instalasi pipa ac split tidak terdapat ruang kebocoran.
segera buang sisa tekanan freon yang berada pada instalasi pipa ac split, tapi jangan buang semuanya sisakan sampai 5-10 psi.

setelah itu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan 3/8 lalu buka kedua kran valve dengan menggunakan kunci L sampai terbuka penuh dan pasang kembali mur penutup kran valve dengan kencang.

bila sudah membuka kran nepel, tahap selanjutnya adalah penyambungan aliran listrik pada kabel power supply yang berada di indoor unit.
dan bila sudah melakukan penyambungan listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit barulah ac split anda telah siap untuk dioperasikan.

Cara Cuci AC split

Cara mencuci/service ac split















Cara mencuci ac split dapat anda lakukan bila anda mempunyai sebuah mesin steam.
selain itu anda juga harus menyiapkan sebuah terpal yg berukuran panjang 3 meter dan lebar 1,5 meter.
terpal ini berfungsi untuk mengalirkan air kotor dari ac yg kita service ke sebuah bak/ember yg diletakan dibawah ujung terpal.
anda juga membutuhkan plastik ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 30 cm untuk menutupi bagian atas indoor unit agar disaat anda mencuci ac split, tekanan air yg keluar dari mesin steam tidak membasahi plafon.


anda juga harus menutupi bagian komponen pcb dengan sebuah kantung plastik, agar air tidak mengenai komponen pcb.
bila air mengenai komponen pcb akan mengakibatkan kerusakan dan ac split tidak akan berfungsi/mati total.
Pertama-tama sebelum melakukan pencucian ac split anda harus terlebih dahulu mencabut steker ac agar aliran listrik tidak tersambung pada ac split.
ini untuk menjaga keselamatan agar anda tidak tersengat arus listrik disaat anda mencuci ac split.

selanjutnya buka tutup indoor unit, ada sebuah ac split merk tertentu yg menyembunyikan letak posisi baut pengunci tutup indoor unit.
jika anda tidak mengetahui letak posisi baut pengunci tutup indoor unit itu, saya sarankan membaca buku petunjuknya.
setelah tutup indoor unit terbuka, pasang terpal yg bagian atas sebelah kanan yg sudah diikatkan sebuah tali plastik atau karet ban dalam, agar terpal dapat menggantung/terikat dibawah sisi indoor unit.

jangan lupa pasang plastik dibagian atas indoor unit, dan kantung plastik untuk menutupi bagian komponen indoor unit.
selanjutnya bila pemasangan terpal sudah dilakukan dan mesin steam sudah dipasang, operasikan mesin steam dan tunggu sampai tekanan air keluar dari ujung selang.
mesin steam yg merknya terkenal dapat secara otomatis ke posisi off bila pada ujung spray gun ditutup.

tapi bila mesin steam anda tidak otomatis, saya sarankan pada waktu pencucian ac, anda meminta bantuan seseorang untuk mengoperasikan mesin steam dan menambahkan air kedalam bak yg susut karena terhisap oleh mesin steam.
lakukan penyemprotan pada evaporator bagian atas dulu, lalu turun kebagian bawah dan lakukan berulang-ulang sampai evaporator bersih dari kotoran dan lumut.
bila lubang selang pembuangan air dialihkan kesebelah kanan, semprot lubang pembuangan air sampai lumut yg berada pada selang pembuangan air keluar semua.
tapi bila lubang pembuangan air berada disebelah kanan dekat komponen pcb, hati-hati menyemprotnya karena semprotan air dapat mengenai komponen pcb.

untuk itu pergunakan selang yg panjangnya 50 cm yg diameternya lebih kecil dari lubang pembuangan air, agar selang dapat masuk ke lubang pembuangan air dan semprotkan selang tersebut agar kotoran/lumut yg berada pada lubang pembuangan air dapat dibersihkan/dikeluarkan.
setelah bagian evaporator dibersihkan, beralih kebagian blower yg berada dibawah evaporator, lakukan penyemprotan sampai air yg mengalir keluar melalui terpal menjadi bening/bersih.

lakukan lagi penyemprotan pada bagian evaporator dan bagian blower sampai benar-benar indoor unit menjadi bersih.
setelah penyemprotan indoor telah selesai dilakukan, lap bagian bawah sisi indoor unit dengan kain kering, lalu lepaskan terpal dan kantung plastik pada komponen indoor unit.
bersihkan tutup indoor unit beserta filternya, bila sudah dibersihkan lap tutup dan filter indoor unit sampai benar-benar kering, khususnya bagian yg menutupi komponen pcb.

pasang kembali tutup indoor unit dan jangan lupa pasang kembali bautnya.
setelah penyemprotan pada indoor unit telah selesai, beralih kebagian outdoor unit, dibagian ini tidak diperlukan terpal atau kantung plastik.semprotkan bagian condenser yg dipenuhi oleh debu, cuci outdoor sampai bersih.
setelah penyemprotan/pembersihan pada outdoor selesai dilakukan, operasikan ac split, keringkan air yg keluar dari bagian blower indoor ketika ac dioperasikan.

Cara ganti kompressor

Cara penggantian compressor pada ac split

Cara penggantian compressor pada ac split dibutuhkan sebuah alat pengelasan yaitu tabung camping gas dan tabung oxigen.
bisa juga dilakukan dengan pengelasan menggunakan blender, bila anda belum mempunyai tabung oxigen.

bila anda menggunakan sistem pengelasan dengan menggunakan blender, waktu anda ingin melepaskan dua buah sambungan pipa di compressor "yg bertanda lingkaran merah pada gambar" anda harus membuka semua tutup body outdoor agar hawa panas dari blender tidak mengenai compressor.
tapi saya sarankan anda menggunakan sistem pengelasan dengan campuran oxigen, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

setelah melepaskan dua buah sambungan pipa pada compressor, lepaskan tiga buah mur yg berada pada bagian bawah kaki compressor dengan menggunakan kunci ring atau pas ukuran 12-13.

setelah melepaskan tiga buah mur pada kaki compressor, angkat compressor keluar dari dudukannya.
penggantian compressor harus sesuai dengan type label yg berada pada body compressor, atau bisa juga diganti dengan dasar persamaan kapasitas pendinginan.

contoh sebuah compressor national 1 pk bisa diganti dengan compressor merk hitachi yg berukuran 1 pk juga, walaupun pada kaki compressornya berbeda dengan merk national sehingga baut pada lubang dudukan pada kaki compressor hanya dapat dipakai 1 atau 2 buah saja.
pada waktu penggantian compressor, ganti pipa kapiler dan saringannya agar freon dapat bersikulasi dengan lancar.

bila anda belum mengetahui cara pencarian terminal compressor (s c r) dapat anda lihat pada tutup terminal compressor.
atau anda bisa juga dengan mengukur tahanan 3 buah terminal compressor tersebut dengan sebuah multitester.
caranya adalah sebagai berikut :

posisikan multitester pada skala ohm x 10 ukur semua tahanan ketiga terminal compressor sampai menemukan tahanan yg terkecil, bila sudah anda dapatkan tahanan yg terkecil, satu terminal yg tidak tersentuh probe tester itu adalah (s)atau starting yg dihubungkan dengan running capasitor.
sedangkan untuk pencarian (r) nya ukur dari terminal (s) dengan terminal lainnya, tahanan yg terbesar adalah (r) yg juga dihubungkan dengan running capasitor dan 1 line listrik dan tahanan yg terkecil adalah (c) yg dihubungkan langsung dengan line listrik.

setelah compressor, saringan dan pipa kapiler sudah terpasang dan nepel pipa instalasi juga sudah terpasang pada kran valve, operasikan ac split.
pasang selang manifold warna biru pada pentil pengisian freon dan buka kran manifold warna biru/tekanan rendah.
setelah outdoor unit mendapat supply listrik lakukan pemakuman yaitu dengan cara menutup kran valve hisap dengan kunci L sampai tertutup rapat.

angin akan keluar dari ujung selang yg berwarna kuning, diamkan sampai angin habis atau tidak ada lagi angin yg keluar dari ujung selang warna kuning.
setelah angin yg keluar benar-benar habis, tutup kran manifold warna biru sampai benar-benar tertutup rapat.
buka kran hisap yg tadinya ditutup dengan kunci L sampai terbuka penuh, lalu pasang selang manifold warna kuning pada tabung freon.
buka kran pada tabung freon lalu isikan freon dengan cara membuka kran manifold warna biru/tekanan rendah.

lakukan pengisian freon sambil melihat amper compressor pada tang amper, bila amper normal lanjutkan pengisian freon.
tapi bila amper tinggi, ganti pipa kapiler dengan ukuran yg lebih besar dan lakukan pengecekan kebocoran pada sambungan compressor yg baru di las dengan air sabun bila outdoor sudah terisi dengan freon.

Bagian mesin pendingin

Bagian-bagian dalam mesin pendingin

1. Hermetic atau Compresor.
2. Condenser.
3. Strainer atau saringan.
4. Pipa kapiler.
5. Komponen pcb.
6. Fan indoor unit.
7. Fan outdoor unit.

Hermetic atau compressor adalah bagian penting dalam mesin pendingin, bila terjadi kerusakan pada bagian ini anda akan mengeluarkan biaya yg sangat besar.
bila tegangan listrik didaerah anda naik turun/tidak stabil, saya sarankan anda menggunakan stabilizer untuk menormalkan tegangan listrik dirumah anda, karena tegangan listrik yg tidak stabil atau turun naik adalah salah satu faktor penyebab kerusakan compressor.
Condenser berfungsi sebagai pembuang panas freon yg keluar dari pipa tekan/discharge sebuah compressor dengan bantuan sebuah fan motor yg berdaun kipas sebanyak 4 buah, hawa panas itu dibuang selama ac split dioperasikan.
Strainer atau saringan didalamnya terdapat filter untuk menyaring kotoran dalam freon agar tidak masuk kebagian pipa kapiler.
Pipa kapiler adalah pipa yg lubangnya berdiameter kecil sekali, berfungsi sebagai pengubah freon yg semula berbentuk gas dan merubahnya kedalam bentuk cair.
Komponen pcb berfungsi untuk mengatur operasional sebuah ac split dengan remote control.
Fan motor indoor unit berfungsi untuk menghembuskan hawa dingin yg berada pada evaporator.
Fan motor outdoor unit berfungsi membuang panas freon yg berada pada condenser.

Test kompressor

Cara mengetahui Compressor yang baik atau siap pakai

Pertama yang dilakukan adalah ukur tiga terminal compressor ke body compressor dengan multitester ohm x 1K jika ada tahanan/ohm atau jarum multitester bergerak berarti compressor contact body/korslet.

Jika tidak ada tahanan/jarum multitester tidak bergerak segera lakukan yang dibawah ini.
Pasang pentil pengisian freon pada pipa tekan/discharge dengan cara di las, setelah selesai pasang manifold meter yang berwarna merah.
untuk pengecekan compressor pada outdoor unit pasang selang manifold warna merah pada kran nepel 1/4 dan kencangkan.
pastikan 2 buah kran nepel 1/4 dan 3/8 telah dibuka ke arah kanan dengan kunci L.

Meter yang berwarna merah pada manifold adalah untuk mengukur tekanan tinggi/high presure 0-500 psi, sedangkan meter yang berwarna biru adalah untuk mengukur tekanan rendah/low presure 0-150 psi.
Setelah manifold meter warna merah terpasang pada pipa tekan/discharge atau telah terpasang pada drat nepel 1/4 (untuk pengecekan compressor yang berada pada outdoor unit) dengan kran manifold tertutup penuh.

Barulah anda jalankan compressor, perhatikan pada meter warna merah apakah jarum berjalan sampai menyentuh angka 500 psi, jika menyentuh angka 500 psi berarti compressor dalam keadaan baik atau siap pakai.

Ukur juga amper compressor pada waktu pengetesan tekanan, normal atau tidak? tergantung berapa pk compressor yang akan anda test.
Perhatikan juga pada pipa hisap/suction bila compressor yang anda test tekanannya.
Apakah ada angin yang keluar atau tidak pada pipa hisap/suction, jika ada angin yang keluar, otomatis meter yang tadinya menunjuk angka 500 psi akan turun kebawah.
Ini menunjukan klep hisap pada compressor sudah tidak dapat tertutup rapat alias bocor.
Bila ini terjadi, compressor tidak layak pakai alias berkondisi jelek, walaupun dapat mengeluarkan tekanan sampai 500 psi(per square inch).

Kompressor

Hermetic atau Compressor

Didalam Hermetic atau Compressor terdapat gulungan dinamo, mekanik compressor dan oli compressor.
Hermetic atau Compressor adalah alat yg paling utama dalam sistem mesin pendingin.
Fungsi dari compressor adalah untuk memompa freon yg semula berwujud gas dan merubahnya kedalam wujud cair setelah dipompa atau ditekan.
Yg berbentuk ramping disebelah kiri atas adalah type compressor jenis rotary.
sedangkan yg bagian kiri bawah adalah type compressor jenis piston.


kedua jenis type compressor ini masih dipergunakan pada industri yg memproduksi ac split dan window.
Seiring perkembangan jaman yg semakin modern, type ac split dan window sudah tidak lagi menggunakan type compressor jenis piston, disamping bentuknya yg memakan ruang dalam penempatannya juga ber-amper besar bila dibandingkan dengan compressor type rotary.

Pipa tekan/discharge pada compressor rotary berada pada bagian atas dekat dengan terminal compressor, Sedangkan pipa hisap/suctionnya berada pada samping body compressor.
Compresor jenis rotary pada ac hanya ada dua pipa yg keluar, yaitu pipa tekan/discharge satu buah dan pipa hisap/suction satu buah.
selain berguna untuk menghisap kembalinya freon, pipa hisap digunakan juga untuk pengisian freon.

Pada lemari es yg menggunakan compressor rotary ada lima pipa yg keluar yaitu:
pipa tekan/discharge 1 buah.
pipa hisap/suction 2 buah, satunya untuk pengisian freon.
pipa pendingin oli 2 buah.

Condenser

Condenser

Condenser berfungsi sebagai pembuang panas pada sistem mesin pendingin.
Sewaktu freon dipompa oleh compressor, suhunya akan menjadi naik/panas. untuk membuang panasnya dibutuhkan condenser, dengan sebuah fan motor untuk dapat membuang panas yg melekat pada condenser.

condenser berada pada bagian outdoor unit, kerusakan pada condenser adalah kebocoran pada pipa yg berada didalamnya.

usahakan pada saat anda mencuci/service ac split pergunakan air pam jangan air tanah, agar outdoor unit anda tidak cepat berkarat.

Strainer / Saringan

Strainer/saringan

Strainer atau saringan berfungsi untuk menyaring freon yg mengalir didalam sistem pendingin, agar freon yg mengalir menjadi bersih.
strainer/saringan ada 2 macam, yaitu:
1. strainer/saringan tanpa isi silica gel.
2.strainer isi silica gel.

Pipi Kapiler

Pipa kapiler


Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27" 0.31" 0.54" dan 0.70".
Pipa kapiler berfungsi sebagai pengubah freon yg berwujud gas agar menjadi cair, didalam pipa kapiler freon berdesak-desakan lalu masuk kedalam evaporator.
didalam evaporator freon menguap dan mengambil panas, dengan semburan freon yg berbentuk cair.
Sehingga pipa-pipa dievaporator menjadi dingin, lalu dinginnya dihembuskan oleh fan motor dengan daun kipas berbentuk blower.

Evavorator

Evaporator


Evaporator adalah kebalikan dari condenser, kalau condenser berfungsi sebagai penampung panas dari freon yg dipompa oleh compressor dan membuang panasnya dengan sebuah fan motor. evaporator berfungsi sebagai penampung dingin dari freon yg sudah berubah wujud menjadi cair setelah melewati pipa kapiler.
Didalam evaporator yg hampa udara, freon akan menguap dan mengambil panas pada pipa-pipa yg berada pada evaporator sehingga pipa-pipa di evaporator menjadi dingin, dan membuang dinginnya dengan hembusan sebuah fan motor dengan daun kipas yg berbentuk blower.Kerusakan yg sering terjadi pada evaporator adalah kebocoran, bisa diperbaiki dengan cara mengelas disemua tekukan u nya atau menganti u nya atau juga mengganti evaporatornya dengan yang baru.

PCB

Komponen pcb pd ac split

Komponen pcb pada ac split berfungsi menghidupkan, mematikan ac, mengatur suhu ruangan, mengatur kecepatan speed fan motor indoor, mengatur timer/berapa jam ac mau dioperasikan, mengatur tinggi rendah swing motor, dengan sebuah remote control.

Kerusakan pada komponen pcb bervariasi, dari mulai thermis rusak, bagian power supply tidak bekerja/trafo pd bagian power supply rusak dan masih banyak lagi.

Untuk anda yg ingin ahli dalam penanganan komponen pcb, saya sarankan anda untuk mengikuti kursus elektronika, karena pada bagian ini hampir 98% komponen elektronika, seperti: ic, transistor, resistor, dioda dan kondensator.]

Tapi bila anda tidak mau pusing, ada tempat service yg menerima perbaikan komponen pcb tersebut, atau bisa juga anda serahkan langsung ke showroom merk ac yg komponennya ingin anda perbaiki.

Fan motor indoor

Fan Motor Indoor Unit


Fan motor dlm indoor unit berfungsi untuk menghisap udara melewati sisi-sisi evaporator, lalu menghembuskan udara dingin kedalam ruangan.
Fan motor didalam indoor unit menggunakan daun kipas yg berbentuk blower, anda dapat lihat pada gambar diatas.
Kerusakan yg sering terjadi adalah:

1.Fuse didalam gulungan dinamo terputus.
anda dapat mengganti fuse tsb jika gulungan fan motor tidak dibuat paten.

2.Gulungan pada fan motor indoor, hangus/terbakar.
anda dapat menggulungnya lagi pada tukang dinamo, ini juga bila gulungan dinamo tidak dibuat paten.
jika dibuat paten, anda harus mengganti fan motor tsb dengan yg baru.

3.Capasitor yg terletak pada komponen pcb, rusak
ukur capasitor dengan multitester pada skala ohm x 1k
tempelkan kabel probe test pada kedua kaki capasitor fan motor.
perhatikan, pada waktu anda menempelkan kabel probe tsb, lihat jarum multitester bergerak kekanan, lalu dengan cepat turun kembali kekiri.
bila ya, berarti capasitor fan motor masih dalam kondisi baik.

4.Bearing pada fan motor indoor rusak.
ini akan mengganggu pada saat ac dioperasikan, ganti kedua bearing tsb dengan yg baru.

Out door unit

Fan Motor Outdoor Unit










Fan motor outdoor unit berfungsi untuk membuang panas yg ada pada condenser.
kerusakan yg sering terjadi pada fan motor outdoor unit sama persis dengan kerusakan yg terjadi pada fan motor indoor unit, perbedaannya hanya pada daun kipasnya saja.

fan motor outdoor unit pada setiap ac split lain merk arah putarannya berbeda-beda ada yg ke kiri dan ada yg ke kanan.
bila kita mengganti fan motor outdoor unit tapi bila putarannya berbeda dari yg aslinya, kita bisa membalik putaran arah fanmotor yaitu dengan cara memindahkan line listrik yg berada pada kaki capasitor fan no 1 ke kaki capasitor fan no 2.

fan motor pada bagian outdoor unit dirancang anti air karena penempatannya yg berada diluar rumah, agar tidak terbakar/korsleting sewaktu terkena tetesan air hujan.

Perbaikan AC Split

Kerusakan pada ac split dan solusi memperbaikinya

Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ac split adalah kebocoran freon, ini dapat ditandai dengan adanya salju pada bagian atas evaporator dan pipa instalasi yang berukuran 1/4 yang menyambung kebagian outdoor unit.
selain kebocoran freon masih ada lagi kerusakan-kerusakan yang lainnya.
mengapa ac split tidak mau dingin???

1. Check pada remote control, apa posisi operation mode berada pada posisi cool? bila tidak pada posisi cool, pindahkan pada posisi cool.

2. Check pada remote control, apa posisi pengaturan suhu terlalu tinggi?
bila terlalu tinggi, turunkan pada suhu yang terkecil.

3. Check outdoor unit, apakah dapat power supply dari indoor unit?
anda bisa lihat, apa fan motor outdoor unit berputar atau tidak?
bila tidak berputar berarti belum mendapatkan aliran listrik dari indoor unit.

4. Check pada outdoor unit, apa pipa ac split yang berukuran kecil mengeluarkan salju/es?
jika mengeluarkan salju/es berarti unit ac split ada kebocoran freon.
cari kebocoran, perbaiki dan isi freon kembali.

5. Check pada outdoor unit, ukur tekanan freon dengan manifold dan ukur amper compressor.
nilai amper compressor yang normal dapat anda lihat pada tabel spesifikasi disisi indoor unit.
tekanan freon yang normal, jika tidak terjadi kebocoran freon pd unit ac split, adalah 75 psi (jika compressor dapat beroperasi).
namun jika compressor tidak dapat beroperasi tekanan freon bila di ukur dengan manifold adalah 150 psi.
jika fan motor outdoor beroperasi, tetapi compressor tidak dapat start berarti ada kerusakan pada bagian compressor sbb:

-mekanik pada compressor rusak, ini dapat menyebabkan compressor macet/tidak dapat beroperasi.

- overload pada compressor rusak.

- running capasitor rusak.

- kabel-kabel yang menuju ke compressor terputus/terbakar.

- gulungan dinamo pada motor compressor sudah tidak bagus.
ini dapat ditandai dengan amper yang begitu tinggi/diatas batas normal jika diukur dengan clamp meter atau tang ampere.

6. ac split mati total???

solusinya adalah:
yang harus anda periksa pertama kali adalah, mcb yg berada pada box pembagian listrik.

-periksa apa ada mcb yang khusus buat power supply ac turun?
bila ada yang turun segera naikan kembali.

-periksa sikring yang ada pada steker dan komponen pcb ac anda.
bila putus ganti dengan sikring yang baru.

-periksa juga trafo power supply yang berada pada komponen pcb.
apakah berfungsi dengan baik?

bila mcb untuk power ac split sudah dinaikan.
sikring pada steker dan sikring yang ada pada komponen pcb sudah diganti dengan sikring yang baru.
lalu ac split kembali dioperasikan, tetapi tidak lama kemudian mcb turun lagi berarti:
ada korsleting pada ac split anda, biasanya yang korsleting ada pada bagian outdoor unit, yaitu compressor sudah contact body.
atau mcb yg anda gunakan untuk power supply ac split anda terlalu kecil nilai ampernya.

7. sewaktu ac split dioperasikan, lampu timer pada indoor unit berkedip-kedip.
-ini menandakan thermis yang ada pada komponen pcb rusak.
solusinya adalah:
ganti thermis dengan yang baru (thermis penempatannya ada dievaporator yang kabelnya berwarna hitam yang dihubungkan ke komponen pcb)
-Tekanan/freon didalam sistem berkurang
solusinya adalah:
Bila tekanan freon dalam sistem berkurang, berarti ada kebocoran dibagian indoor unit, instalasi pipa ac split atau pada outdoor unit.
cari kebocoran tersebut dengan menuangkan air yang dicampur dengan sabun detergen disetiap sambungan nepel antara indoor unit dengan instalasi pipa, sambungan nepel antara outdoor dengan instalasi pipa.
cari juga kebocoran pada bagian evaporator pada indoor unit dan disetiap sambungan pengelasan pada bagian outdoor unit.
bila letak kebocoran sudah ditemukan, perbaiki dengan cara mengencangkan mur nepel pada indoor atau outdoor unit, lakukan pengelasan pada evaporator dan sambungan pipa pada outdoor unit.
setelah diperbaiki lakukan vakum pada semua sistem dan isi freon kembali.
-compressor ac mengalami gangguan/macet, solusinya adalah:
periksa running capasitor apakah mengalami kerusakan?
periksa kabel-kabel yang menuju ke compressor, apakah terputus?
periksa overload yang berada diatas body compressor, apakah mengalami kerusakan?

8. ketika ac split dioperasikan dengan remote control, ac tidak mau start, tetapi bila bila dioperasikan dengan menekan tombol manual yang berada pada indoor unit, ac split mau start.

solusinya adalah:
cek sensor yang berada pada bagian komponen pcb ac split.
mungkin terkena air, keringkan sensor dengan cara mengelapnya.
periksa juga battery pada remote control mungkin sudah lemah.
cek juga remote controlnya mungkin rusak karena terjatuh.

9. ketika ac split dioperasikan, fan motor pada indoor berputar kencang lalu berhenti tidak beroperasi sama sekali.
ini menandakan kerusakan ada pada fan motor indoor, ganti fan motor indoor dengan yang baru.

10. ketika ac split dioperasikan, 15 menit kemudian air menetes dari bawah sisi indoor unit.(ac split dalam kondisi normal/dingin)
talang air/selang pembuangan air pada indoor unit sudah penuh dengan lumut, cuci ac split dengan mesin steam.
pada ac split yang menggunakan evaporator leter L, berarti mempunyai dua talang air yaitu diatas yang menyatu pada body indoor unit dan satunya berada dibawah yang bisa anda lepaskan dari indoor unit.
bila talang air yang dibagian bawah sudah dibersihkan tetapi talang yang atas tidak dibersihkan kebocoran air masih saja tetap terjadi.

11. ketika ac split dioperasikan, compressor pada outdoor unit mengalami overload/compressor tidak bekerja karena panasnya melebihi dari 150 derajat.
solusinya adalah:

-cek amper compressor dengan tang amper
-periksa overload apakah masih berfungsi dengan baik?
-periksa oli yang berada pada compressor, bila kurang oli tambahkan dengan oli compressor.
-ganti strainer dan pipa kapilernya yang mungkin sudah tersumbat.
-bersihkan outdoor unit apabila condenser tertutup oleh debu/kotoran.
-buka plat pembatas ruangan compressor, agar panas compressor dapat dibuang oleh fan motor outdoor unit.

12. ketika ac split dioperasikan dan sewaktu indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit, compressor berbunyi kencang dan ac split tidak mengeluarkan dingin.
solusinya adalah:

-cek running capasitor, bila rusak ganti dengan yang baru.
-bila running capasitor dalam kondisi baik, berarti compressor mengalami kemacetan pada mekanik compressornya dan anda harus mengganti compressor dengan yang baru apabila cara dibawah ini tidak berhasil memutar mekanik compressor.

tips mengatasi compressor macet

-pergunakan starting capasitor atau perbesar nilai micro pada running capasitor.
-balik putaran arah compressor dengan memindahkan kabel power yang berada pada running capasitor keposisi kaki running capasitor yg disebelahnya dan coba dlm beberapa detik, setelah itu kembalikan pada posisi semula.
-masukan tekanan freon pada pipa hisap/suction ketika compressor mulai start.
-pukul dengan martil pada bagian mekanik compressor.
-naikkan tegangan listrik untuk mencoba memutar mekanik compressor.

Tips pasang AC Split

Tips pemasangan ac split

Bagi anda yang rumahnya menggunakan plafon dari gipsum dan dilewati oleh instalasi pipa ac split, seharusnya menggunakan doble hamaflex/busa pembungkus pipa ac split.
Ini untuk menghindari terjadinya kondensasi yang keluar dari pipa ac split dan dapat mengeluarkan tetesan air yang akan mengenai plafon gipsum rumah anda.
Bila sudah terkena tetesan air, gipsum akan rusak dan tentunya anda harus merenovasinya kembali.


TIPS PEMASANGAN AC SPLIT

1. Usahakan kedudukan antara indoor unit dengan outdoor unit sejajar, agar tekanan freon menjadi seimbang pada saat ac split dioperasikan/tidak.

2. Jangan meletakan barang-barang elektonik tepat dibawah indoor unit, sewaktu-waktu talang air dalam indoor unit dapat tersumbat oleh lumut maka air yang seharusnya keluar lewat drain hose/selang pembuangan air ac split, dapat meluap keluar kebawah bagian indoor unit dan dapat membasahi barang-barang elektonika anda.

3. Sediakan stop kontak untuk power supply ac split.
agar sewaktu-waktu indoor unit/ac split terjadi masalah teknisi tidak naik ke atas plafon untuk melepas kabel power supply ac split.

4. Bila instalasi pipa ac split anda tertanam didalam tembok.
usahakan bobokan tembok lebih dalam, agar tidak terjadi kondensasi yang akan membuat lumut pada tembok.

5. pemasangan outdoor dibawah plafon diusahakan jangan terlalu dempet dengan plafon, buat jarak sekitar 20 cm dari plafon agar memudahkan teknisi ac split membuka tutup/kap pada outdoor unit bila terjadi masalah pada ac split anda.

Beda AC lama dan baru

Perbedaan antara ac keluaran lama dan keluaran baru.

Perbandingan kwalitas antara ac keluaran lama dan baru sungguh sangat jauh berbeda.
ac keluaran lama mempunyai pipa yg begitu kuat/tebal pada bagian evaporator dan condensernya.

tapi semua itu membutuhkan kapasitas pendinginan/btu yg lebih besar, sehingga daya listrik yg dibutuhkan juga sangatlah besar.
ac keluaran jaman sekarang mempunyai pipa yg tipis pada bagian evaporator dan condensernya, mengapa? dengan pipa tipis yg berada pada evaporator dapat menurunkan kapasitas pendinginan/btu sehingga daya listrik yg dibutuhkan dapat diturunkan semaksimal mungkin.
dengan pipa yg tipis pada evaporator dapat dengan cepat melakukan proses pendinginan, tanpa harus dengan daya listrik yg begitu besar.
Selama ini kerusakan yg saya temukan pada ac split adalah adanya kebocoran pada pipa yg ada di evaporator, ini yg sangat sering terjadi.
mengapa? disaat ac dioperasikan, tekanan yg ada pada sistem pendingin, yaitu compressor, condenser, strainer , pipa kapiler dan instalasi pipa berada pada tekanan rendah.
sebaliknya bila pada saat ac tidak dioperasikan, tekanan pada sistem pendingin berada pada tekanan tinggi.
sehingga, bila pipa yg berada pada sistem pendingin tidak kuat menahan tekanan freon yg begitu tinggi, akan mengakibatkan kebocoran pada pipa yg berada pada sistem pendingin.

Cara mengisi freon lengkap

Cara pengisian freon pada ac split

Pertama-tama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split.
setelah outdoor unit mendapatkan supply listrik dari indoor unit, buka nepel penutup pentil pengisian freon dengan kunci inggris.
lalu pasang selang berwarna biru yang berada pada manifold di pentil pengisian freon.
setelah selang manifold berwarna biru terpasang, adakah tekanan freon?
dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru.

jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin atau ac split ada kebocoran.
cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yang diberi air sabun, bila tidak diperbaiki atau dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali.

bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yang harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan atau pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki atau dilas, sistim pendingin atau ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.

vakum yang baik harus mencapai 30", lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum???
tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor atau outdoor unit yang akan kita isi freonnya, caranya adalah sebagai berikut :

1. pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon (posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).

2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yang ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.

3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan (posisi klep nepel ditutup).

4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.

5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.

6. setelah tidak ada angin yang keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yang berada pada kran nepel 3/8 (posisi kran nepel terbuka penuh).

7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yang sudah masuk kedalam sistem pendingin atau ac split.
pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
buka kran manifold........ sebentar........ lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yang sudah masuk pada jarum penunjuk yang ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 yang berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yang ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.

bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac split menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.
perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yang dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
video cara pengisian freon pada ac split

Cara mengisi freon

Alat yg dibutuhkan dalam pengisian freon ac split

Cara pengisian pada ac split membutuhkan sebuah alat yaitu manifold, yang dapat anda lihat pada gambar disamping ini.
seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya manifold mempunyai 2 meter tekanan, satu berwarna biru yang berfungsi untuk mengukur tekanan rendah pada sistem pendingin.
dan satunya lagi berwarna merah yang berfungsi untuk mengukur tekanan tinggi pada sistem pendingin.

manifold mempunyai 3 selang penghubung yaitu:

1. selang berwarna biru yang berada dibawah meter warna biru dihubungkan atau dipasangkan pada drat pentil pengisian freon yang berada pada kran nepel 3/8 di outdoor unit.

2. selang berwarna kuning yang berada ditengah kedua meter biru dan merah dihubungkan atau dipasangkan pada tabung freon.

3. selang yang berwarna merah yang berada dibawah meter warna merah dihubungkan atau dipasangkan pada drat nepel 1/4 (kran tekan pada outdoor unit) ini hanya untuk, mengukur tekanan yang dihasilkan oleh compressor.
dalam hal ini kedua pipa instalasi ac split yang menuju ke indoor unit harus dilepaskan terlebih dahulu tanpa melepaskan kabel power yang berada pada outdoor unit.
lalu operasikan ac split, bila outdoor unit sudah mendapatkan supply listrik dari indoor unit pasang selang berwarna merah dengan kencang pada drat nepel 1/4 (kran nepel tekan/discharge) pada outdoor unit.
perhatikan jarum pada meter berwarna merah,masihkah mampu menyentuh angka 500 psi?
bila jarum menunjukan ke angka 500 psi,berarti compressor berkondisi baik.

Hubungi via :