met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

12 Februari 2013

Cara bikin TV Kabel

Parabola untuk 20 Chanel
















Bagi ente yang tinggal di kota besar semisal Jakarta,kebanyakan gak familier dengan apa yang namanya TV Kabel,kecuali daerah elite semcam Pondok Indah ,Menteng ,hingga Kuningan yang penghuninya banyak Menteri atau pensiunan pejabat tinggi atawe daerah Kalibata yang banyak dihuni Anggota DPR.

Kenapa ane bilang gak familier arena dengan sebatang antenna kecil model indoor udah bisa menangkap berbagai siaran TV dengan baik atau paling enggak dengan antenna PF goceng nya si Mandra aja siaran yang diterima sudah bening & kinclong.
 
Lain hal dengan wilayah yang termasuk blankspot area alias wilayah yang gak bisa menerima siaran TV secara baik,dimana lebih banyak "semutnya" ketimbang gambar atau sekalinya ada gambar tapi peot peot.

Terutama wilayah yang berada di lembah dan diapit oleh dua buah gunung ( gunung beneran ) ataupun wilayah kepulauan,yang belum ada stasiun rellay atau repeater penguat siaran TV seperti ditempat ane sekarang ini di sebuah pulau wilayah Halmahera Selatan...Jauh yaa....Ongkosnya aja gak cukup 5 juta buat bolak balik ke Jakarta..Sorry jadi cerita ongkos
Untuk mendapatkan siaran TV , biasanya masyarakat dikepulauan menggunakan antenna parabola dengan receiver tanpa bayar alias gratis. 

Cuma modalnya itu yang cukup lumayan,mereka harus membeli satu set antenna parabola komplit dengan receivernya yang kalo di daerah sini berkisar Rp.1,500,000.

Mungkin saja uang sebesar itu bisa mudah diperoleh tapi setting dan pemasangannya yang agak ribet.dan gak semua orang bisa setting parabola.,kalo yang gaptek tetep aja gaptek..puter sana puter sini,siarannya gak dapet dapet

Solusi paling gampang ya pasang TV Kabel ,dengan cara membayar iuran perbulan sebesar Rp.25,000 sampai Rp.40,000 tergantung jarak antara rumah dan pusat siaran / Head end TV Kabel tersebut.

Selain kita mendapatkan siaran siaran lokal ,biasanya pengelola TV Kabel juga merelay siaran siaran TV berbayar semisal Indovision,Orange TV ,Yes Tv dll
Bahkan ada beberapa pengelola Tv kabel menyiarkan liputannya sendiri mirip siaran TV lokal.
Berisi siaran musik dan berita kemajuan daerah.

Selain banyak digunakan di daerah terpencil,TV kabel juga banyak dipakai pada Hotel hotel ataupun mess karyawan.
Dengan sarana TV Kabel ,selain kita gak perlu lagi memasang antenna parabola /receiver disetiap kamar.Selain perawatannya lebih mudah,antenna parabola yang diperlukanpun hanya beberapa buah saja.
Seperti gambar diatas ane cuman pake 6 parabola buat 20 Chanel

1.Parabola Indovision    : 1 bh
2.Parabola YesTV         :  2 bh
3.Parabola Matrix         : 1 bh
4.Orenge TV                : 2 bh

Bagi ente yang kepengen nyoba bikin TV Kabel berikut Perlengkapan TV Kabel yang kudu ente siapin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Hubungi via :