met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

26 Maret 2010

cara kerja AC

Cara kerja sebuah air conditioner


Ac adalah sebuah alat elektronika yg dapat menyejukkan sebuah ruangan agar udara didalam ruangan tersebut menjadi bersih dan sejuk.
Disini yg saya akan bahas dalam blog ini adalah ac split dan ac window dimana kedua jenis ac ini masih banyak dipergunakan dalam rumah tangga.Ok.....kita mulai ya.

Ac atau air conditioner yg riset teknologinya dari negeri paman sam adalah sebuah alat yg dapat mengeluarkan udara dingin dengan memompa freon lewat compressor melalui pipa tekan atau discharge lalu disalurkan kebagian condenser untuk didinginkan dengan sebuah fan motor lalu masuk strainer untuk disaring, agar freon yg mengalir tdk terdapat kotoran.

Setelah masuk strainer lalu memasuki pipa kapiler yg lubangnya begitu kecil, disini freon saling bertubrukan dan berdesak-desakan disini freon sudah berubah wujudnya menjadi cair yg sebelumnya gas sewaktu dipompa dengan compressor.
Setelah keluar dari pipa kapiler, freon akan menguap dan mengambil panas didalam evaporator yg hampa udara.

sehingga pipa2 di evaporator menjadi dingin dan dihembuskan atau dikeluarkan dengan fan motor yg ada dalam indoor unit.
Setelah melakukan proses pendinginan freon yg ada dalam evaporator disedot masuk kembali melalui pipa hisap atau suction kedalam compressor.
Begitulah cara kerja ac, freon dipompa compresor keluar melalui pipa tekan lalu masuk ke condenser lalu ke strainer atau saringan kemudian masuk pipa kapiler keluar ke evaporator dan kembali ke compresor melalui pipa hisap atau suction begitulah proses kerjanya, terus menerus ketika ac dipergunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi via :