met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

15 Mei 2010

Asal usul Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta Utara


Ada nyang bilang nama Pulau Tidung diambil dari nama sebuah suku dari Kalimantan Timur yaitu Suku Tidung
Dan ada juga yang bilang kalo nama pulau tidung berasal dari kata TIDUNG (dalam aksen penduduk setempat pada waktu itu), yang artinya tempat berlindung, karena pulau ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berlindung dari bajak laut atau perompak, maka pulau ini dinamakan Pulau Tidung yang artinya pulau yang aman untuk tempat berlindung.


Menurut Buku Sedjarah Djakarta yang terbit tahun 1960 atau 1970-an diceritakan, ketika Fatahillah menyerbu Portugis di Malaka, ia menggunakan pulau-pulau di teluk Jakarta ini sebagai basis mengatur strategi pada zaman dahulu, salah satunya adalah Pulau Tidung. 

Berdasarkan keterangan sesepuh  setempat, Pulau Tidung mulai dihuni oleh penduduknya sekitar tahun 1920-an. Pada waktu itu ada seorang penjaga pulau yang didatangkan dari Rawa Belong, Jakarta Barat. 

Pada tahun 1942 ( saat penjajah Jepang datang ke Indonesia) penduduk Pulau Tidung sempat diungsikan ke daerah Tegal Alur Jakarta Barat. Pengungsian tersebut berlangsung selama tiga tahun, hingga tahun 1945, kemudian penduduk tersebut dapat kembali ke pulau Tidung setelah Penjajahan Jepang kalah dalam perang



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi via :