met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

09 Agustus 2011


Hikmah Puasa [Marhaban Yaa Ramadhan]

August 19, 2009 By: Muliardy Banun Category: Ramadhan Mubarak

Marhaban Yaa RamadhanTidak terasa kita akan segera memasuki Bulan Suci Ramadhan 1430 H / 2009 M yang Insya Allah akan kita masuki pada tanggal 21 atau 22 Agustus 2009. Untuk kepastian mulainya Puasa, kita menunggu Keputusan Pemerintah.

Dalam Bulan Ramadhan ini, kita diwajibkan melaksanakan Ibadah Puasa, sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Al Baqorah 183 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. Q.S. Al Baqarah 183”.

Adapun hikmah Puasa yang akan kita laksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Mendidik umat mu’minin supaya mempunyai perilaku yang luhur dan dapat mengontrol seluruh nafsu dalam keinginan manusia biasa.
  2. Mendidik jiwa agar terbiasa dan dapat menguasai diri, sehingga mudah menjalankan semua kebaikan dan meninggalkan semua larangan.
  3. Membiasakan orang-orang agar berlaku sabar dan tahan uji.
  4. Mendidik jiwa agar dapat memegang amanah sebaik baiknya, karena orang yang berpuasa sudah teruji menahan tidak makan dan tidak minum serta hal-hal yang membatalkannya.
  5. Untuk mendidik manusia agar tidak mudah terpengaruh dalam kemaksiatan karena sudah teruji menahan nafsu yang menjerumuskan le lembah maksiat.
  6. Dari segi kesehatan, banyak para ahli kesehatan mengatakan bahwa Puasa akan membuat badan kita menjadi sehat, terutama bagi yang menjalankan diet, maka dengan berpuasa akan lebih baik dietnya.
  7. Untuk menambah rasa syukur kepada Allah SWT atas Rahmat dan Karunia yang telah diberikan kepada kita.
  8. Menanamkan rasa cinta kasih sesama manusia, terutama terhadap orang-orang miskin dan menderita kelaparan. Dengan berpuasa, kita dapat merasakan nasib orang-orang miskin yang sengsara dan kelaparan sehingga kita memiliki rasa cinta kasih terhadap sesama dan lebih bersyukur kepada Allah SWT.

Demikianlah beberapa hikmah Puasa, semoga dengan Puasa Ramadhan yang akan kita laksanakan, akan menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

“Marhaban Yaa Ramadhan 1430 H / 2009 M, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi via :