met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

20 Juni 2012

Jakarta Fair

Sekedar berbagi tentang awal mulanya PRJ.
Pekan Raya Jakarta (PRJ) digelar pertama kali di Lapangan Monas tanggal 5 Juni sampe 20 Juli 1968 yang dibuka oleh Presiden Soeharto,
Dulu itu PRJ disebut DF alias  Djakarta Fair, diadain atas ide Syamsudin Mangan yang saat itu menjabat sebagai Ketua Kadin kepada Gubernur DKI saat itu,Bang Ali Sadikin pada tahun1967 Tujuannya untuk menyatukan berbagai "pasar malam" yang ketika itu masih menyebar di sejumlah wilayah Jakarta,seperti Pasar Malam Gambir yang tiap tahun berlangsung di Lapangan Monas.

Agar lebih sah atau resmi, Pemerintah DKI mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) no. 8 tahun 1968 yang antara lain menetapkan bahwa PRJ akan menjadi agenda tetap tahunan dan diselenggarakan menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta yang dirayakan setiap tanggal 22 Juni.
Sejak tahun tahun 1992PRJ dipindah ke Kemayoran. 

PRJ kali ini digelar dari tanggal 14 Juni 2012 s/d 15 Juli 2.012 sekaligus ngerayain Ulang Taun Kote Jakarte nyang ke 485


Dua hari setelah pembukaan ( 16 Juni 2012 ),iseng2 ane ngelongok ke Kemayoran.Mumpung lagi cuti di Jakarta.
Berangkat dari rumah abis maghrib,biar rada adem diperjalanan,sekaligus kagak ketemu macet.
Sampe disana suasana nya cukup rame,tapi gak pake antri waktu beli ticket.
Ticket masuknya menurut ane cukup mahal juga.yaitu Rp.20.000 untuk hari Senin - Kamis sedangkan untuk Hari Jumat,Sabtu dan Minggu menjadi Rp.25.000 .Bayangin aje,buat satu keluarge yang punya anak 3 dan kepengen liat PRJ mau gak mau harus ngerogoh kantong Rp.125.000.
Nah itu baru buat masuk nya doang,belom lagi buat parkir yang pake motor yang Rp.8.000 dan mobil Rp.15.000

Didalemnya emang meriah banget,dari yang jualan Kaos dalem ,HP,Motor sampe jualan mobil .Belom lagi yang nungguin ama ngelayanin itu Stand oleh SPG yang cantik dan ramah.
Tapi kayanya PRJ sekarang memang khusus buat produk2 unggulan, semisal yang jualan Kerak telor malah udah gak ada didalem PRJ.Mereka hanya kebagian tempat di pinggir jalan.Benymin Suaeb..berjejer setiap 5 meter mengharap sisa pembeli dari dalem PRJ. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi via :