met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

27 Februari 2013

Urusan dunia




     Terkadang ngeliatain orang kerja sampe sungsang sumbel alias jungkir balik gak kenal waktu bikin hati jadi nyadar..Jadi kepikiran.Masa iya sih harus sampe segitunya ngurusin dunia.
Siang dibuat malem.Malem dibuat siang.Gak kenal Zhuhur gak kenal Maghrib
Sikut kiri sikut kanan.Masa bodo orang lain mau sengasara apa enggak .Yang penting urusan beres


Mau kemana bang,mpok,Cang Cing Nyak Babe.

Dunia gak bakalan di bawa mati
Harta yang kita bawa cuma selembar kain putih.
Pangkat yang kita sandang cuman almarhum doang.
Kendaraan nyang nganter kita ,paling mewah juga cuman ambulan

Jangan sampe kita salah mengartikan petunjuk Nabi :

"Bekerjalah untuk duniamu seolah-olah kamu akan hidup selama-lamanya dan bekerjalah untuk akhiratmu (ibadah) seolah-olah kamu akan mati besok pagi" (HR. Imam Al Baihaqi)


Karena suatu urusan baru dibilang urusan dunia kalo urusan tersebut gak terkait langsung sama nasib seseorang di akhirat, dan suatu urusan baru dibilang urusan akhirat kalo urusan tersebut terkait langsung sama nasib seseorang di akhirat nanti.

Makna dari "bekerjalan untuk dunia seolah olah kamu hidup selama lamanya"  bukan menggiring opini manusia untuk fokus sama urusan dunia dan menyepelekan akhirat. Namun sebaliknya, maknanya adalah mengajak untuk menyegerakan amalan akhirat serta menunda pekerjaan dunia.

Karena perkataan, “bekerjalah untuk duniamu seakan kamu akan hidup selamanya” bermakna bahwa sesuatu (urusan dunia) yang tidak dapat dikerjakan hari ini dapat dikerjakan besok dan yang tidak bisa dikerjakan besok bisa dikerjakan lusa.

Maka bekerjalah pelan-pelan dan jangan tergesa-gesa. Andaikan hari ini terlewat, maka masih ada hari esok yang datang.


Adapun tentang akhirat, “bekerjalah untuk akhiratmu seakan kamu akan mati besok”, maknanya adalah segeralah beramal, jangan sepelekan, seakan kamu akan mati besok.

Bahkan ulama katakan, seakan kamu akan mati sebelum besok. Karena manusia tidak mengetahui kapan datangnya kematian. 

“jika pagi telah datang, maka janganlah menunggu sore. Jika sore telah datang, maka janganlah menunggu pagi. Pergunakan saat sehatmu sebelum kamu sakit, dan pergunakan masa hidupmu sebelum kamu mati”.

Teman..
Nyok kita jadiin diri kita bermanfaat untuk orang lain.
Inget waktu.inget umur
Sadari bahwa hidup didunia cuman sementara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi via :