met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

01 Maret 2013

Modulator

 



Perlengkapan TV Kabel setelah Receiver  adalah Modulator
Fungsi dari modulator adalah untuk mengubah sinyal audio video menjadi sinyal RF.
Sinyal audio video yang dihasilkan oleh receiver setelah masuk ke modulator akan diproses menjadi sinyal RF.Dalam beberapa system rangkaian perlengkapan Tv Kabel ada beberapa jenis modulator :

Modulator 1 input 1 output
Modulator 4 input 1 output.

Menurut pengalaman,penggunaan modulator dengan type 1 input 1 output jauh lebih baik ketimbang menggunakan modulator dengan type 4 input 1 outpun.
Cuma modulator 4 input 1 output lebih simple penggunaannya termasuk gak makan tempat.
Dan pastinya lebih irit biaya.
Dari gambar diatas,ane pake modulator merk Matrix type VM -550D 4 chanel.sebanyak 5 bh untuk keperluan 20 chanel

Harga Modulator ini sekitar Rp,1,750,000 / tergantung lokasi dimana ente membelinya.
Merk yang bisa dipilih selain merk Matrix adalah :Previle,Falcom,Agile,Zinwel,Magic,Winnersat, Televest, Souka dll.

Sekedar informasi mengenai Modulator ,berikut ane tambahin beberapa type Modulator :

I.Modulator 1 input 1 output ( Single side band fixed )

Modulator  ini mempunyai 1 cahnel input dan 1 chanel output dan freqwensi yang dihasilkan adalah tetap / fix dan tidak dapat dirubah dengan besaran bandwith yang tidak terlalu lebar ,sehingga dapat di pakai semua chanel secara berurutan misalnya kita menggunakan Ch 1 , Ch 2, Ch3, dst .

 modulator single
II.Modulator 1 input 1 output  ( Single side band Adjust )

Modulator ini sama seperti modulator diatas cuma freqwensinya bisa kita rubah sesuai dengan yang kita inginkan ,tinggal ajust aja chanel tersebut pada tombol swicth yang ada pada panel modulator tsb .      modulator ajust


Skema dari pemasangan Modulator 1 input 1 output,dimana 1 receiver digunakan untuk 1 modulator

 


 III.Modulator 4 input 1 output ( Double side band )  

Modulator type ini mempunyai 4 chanel input yang disatukan dalam satu perangkat dan mempunyai 1 chanel output .Modulator ini dalam penggunaan Bandwithnya cukup lebar sehingga urutan chanel tidak dapat dibuat seprti halnya pada modulator single .- Urutan chanel harus di langkahi satu chanel contoh : jika kita sudah menggunakan chanel 1 maka 2 tidak dapat dipakai tetapi kita menggunakan 3 sehingga urutannya menjadi seperti berikut : Ch 1,Ch 3,Ch 5,dst .-  
modulator 4 in 1         

     










Contoh skema TV kable untuk 8 chanel dengan menggunakan 2 unit Modulator




Contoh skema TV kabel untuk yang 20 chanel dengan menggunakan 5 unit Modulator

 

Feature Modulator Matrix VM - 550 D :

  • Proses pengolahan signal IF menggunakan teknik MUC dengan presisi tinggi.
  • Lampu tampilan digital sebagai petunjuk kanal.
  • 4 kanal dalam 1 unit, setiap kanal bekerja pada pfrekwensi 45-550MHz.
  • Menggunakan power supply tipe Switching dengan stabilitas tinggi.
  • Mengadopsi sirkuit MMIC dan teknik surface mounted pada komponen utama.

Spesifikasi :


Perlengkapan TV kabel berikutnya adalah : Combiner

17 komentar:

  1. sangat membatu aku yang lagi belajar buat tv kabel pak.bs minta no hpnya gk pak hp aku 081220089061.sms aku y pk tv kbel

    BalasHapus
  2. Makasih atas kunjungannya
    Boleh saja ,Untuk No Hp nanti sy akan kirim ke nomor anda

    Selamat belajar

    BalasHapus
  3. Pak minta no hp ya ke email saya kiwilkrugers@gmail.com

    BalasHapus
  4. selanjutnya peralatan apalagi yang dibutuhkan...???
    mohon bantuanya.

    BalasHapus
  5. Ass wr wb,
    Nama saya Dani pak, sy ingin belajar tentang Jaringan TV kabel untuk selanjutnya saya ingin mencoba usaha di bidang tersebut, kalau tidak keberatan bisa saya minta no phone Bapak yg bisa di hubungi, atau bisa SMS sy di 0811227620, Terima kasih

    Wassalam

    BalasHapus
  6. Mas Kiwil @ Nanti saya kirim No HP nya ke email anda
    Thanks udah mampir disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bisa minta no hp nya pak, tolong sms ke sy 085285689888. saya mau konsultasi mslh tv kabel. trmksh

      Hapus
  7. namaku firadus,..pengen buka jaringan tv kabel di kampung,.... dengan melihat blog bapak jd tertarik buat dapat alatnya dari sini,... karena alat biasa saya dapat dr makassar n kebetulan juga lg tinggal di sultra,.... sama dengan admin,.....
    kalau bisa tolong diinfokan no hpnya ke email saya
    fandhyayah@yahoo.co.id

    thanks sebelumnya

    BalasHapus
  8. @Mas Dani No HP saya sudah saya kirimkan
    Thanks atas silaturahminya..

    BalasHapus
  9. slmt siang pak. sy blh minta no hp nya, kl bisa tolong sms ke sy 085285689888. saya mau menanyakan mslh tv kabel. trmakasih

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum, pak saya mau beli modulator matrik, mohon info tempat beli di daerah bekasi atau jakarta, info ke no HP.081364705383

    BalasHapus
  11. Kalo boleh tau, brp harga boster matrix ES

    BalasHapus
  12. Mhn informasi harga boster outdoor matrix

    BalasHapus
  13. om, saya punya dua mudolator 8 input AV & satu output RF.
    gimana cara gabungin dua modulator tsb, smentara booster yg saya punya hanya ada satu input rf?
    makasih atas jawabannya ya om

    BalasHapus
  14. Maaf pak, saya mohon bantuuannya untuk tv kabel, saya memakai moduator matrix 1 in 1 tpi gambar selalu bermasalah, mohon ilmunya pak untuk keangsungan perkembangan usaha saya, ini no saya pak 085350030777, mohon no hapae bapak saya ingin beajar banyak, karena sya masih pemula pak. Mohon bantuannya pak, maaf menganggu.

    BalasHapus
  15. Maaf mengganggu pak, mohon ilmunya pak untuk masalah modulator matrox 1 in 1, mohon bantuanya pak, karena saya kurang paham untu modulator matrix dan pengaturan booster yang baik pak, ini no saya 085350030777 mohon sms no hape bapak, saya berharap bapak bisa sedikit memberikan pencerahan dan ilmu bapak buat saya, mohon bantuannya yah pak, maaf menganggu.

    BalasHapus
  16. Boleh minta no hpnya pak ini no hp saya 081248166899 dari ufuk timur papua. Mau belajar buat tv kabel

    BalasHapus

Hubungi via :