met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

04 Mei 2017

Danau Pangolombian, Tomohon Selatan Sul -Ut

Danau Pangolombian saat gerimis
Tidak banyak orang yang pernah berkunjung ke Danau ini,padahal lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Tomohon dan hanya memakan waktu sekitar 30 menitan saja.

Danau ini terletak diatas Gunung Kasuratan,Desa Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan.

Untuk menuju danau ini pun sangat mudah.,bahkan bisa dijangkau dengan kendaraan umum route Tomohon - Pangolombian melalui jalan aspal yang mulus dan baik.

Pertigaan perbatasan Desa Pangolombian
Jika kita menggunakan kendaraan pribadi,dari jalan raya Tomohon - Kawangkoan, setelah Pertamina kita berbelok kiri ke Jl.Mercu Buana yang selanjutnya disebut Jl.Tomohon - Pangolombian. 
Jalannya cukup mulus,berasapal dan berkelok kelok.Mulai menanjak ketika akan memasuki Desa Pangolombian.

Di ujung perbatasan Desa Pangolombian kita akan bertemu dengan pertigaan,kita ambil yang ke kiri atau yaitu Jl.Pangolombian - Tondangow.
Sekitar 10 meter ke kiri dari pertigaan tersebut ada jalan aspal kearah atas yang menuju lokasi Danau Pangolombian.Jalannya tidak terlalu besar tapi cukup untuk kendaraan roda empat untuk sampai ke pinggir danau.
Jarak dari pertigaan ke danau hanya sekitar 200 meter.

Tepi Desa Pangolombian
Danau Pangolombian berada diketinggian 911 meter diatas permukaan laut.Jika cuaca cerah,dari lokasi danau kita bisa melihat pemandangan yang cukup bangus ke arah Desa Pangolombian dengan latar belakang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang mengeluarkan asap putih membumbung tinggi yanhg kalo saya menyebutnya "Pabrik Asap"
Disekitar danau ada beberapa rumah penduduk yang bercocok tanam dan mungkin saja mengelola keramba ikan di Danau Pangolombian.




Keramba di Danau pangolombian
Danau Pangolombian luasnya hanya berkisar 1 Hektar saja.Saat digunakan untuk budi daya ikan tawar dimana terlihat dengan adanya beberapa Keramba yang berada diatas danau.
Pengelolaannya terlihat tidak maksimal.Tidak ada jalan atau tangga yang memadai untuk turun ke tepi danau.
Selain digunakan untuk budi daya ikan ,danau ini juga digunakan sebagai sumber air bersih,terlihat dari rumah Pompa dan Pintu air yang berada di tepi danau.

Rumah Pompa Danau Pangolombian
Area sekitar Danau Pangolombian terkesan sepi.Saat kita berkunjung kesana hanya ada beberapa pemancing ditepi danau dan beberapa orang saja yang berada di Keramba.

Lokasi Danau Pangolombian ini berada tidak jauh dari Danau Tampusu yang terletak di Gunung Tampusu atau sebelah utara Desa Pangolombian
Kemudian juga tidak jauh dari lokasi Danau Tiga Warna yang terkenal dengan nama Danau Linow





Pintu Air






Pemancing ikan



Lokasi danau tertutup pohon besar



Peta lokasi Danau Pangolombian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi via :