met berkunjung

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

23 Juli 2012

Cawang




  


 Fly Over Cawang                                           Radio Merk Cawang

Warga Jakarta dan sekitarnya, terutama Bekasi dan Bogor, pasti mengenal kawasan Cawang, Jakarta Timur. Kawasan ini merupakan ujung dari Jl Gatot Subroto dan Jl MT Haryono di bagian timur. Melihat sejarahnya, kawasan Cawang sudah ada sejak tahun 1759. Daerah ini dikembangkan oleh seorang tentara Melayu berpangkat Letnan bernama Enci Awang. Entah kenapa, lama-kelamaan setelah bermukim lama di sana bersama pasukannya, kampung tersebut dinamakan Cawang.

Cawang memang sangat strategis. Pasalnya kawasan ini menghubungkan beberapa ruas jalan utama di ibukota. Seperti Jl MT Haryono yang mengarah ke pusat kota, Jl Raya Bogor menuju bagian timur dan selatan lalu Jl. DI. Panjaitan yang berujung di wilayah timur dan utara Jakarta. Cawang juga menjadi pintu masuk warga yang berdomisili di pinggiran Jakarta macam Bekasi dan Bogor, melalui jalan tol Cikampek dan Jagorawi. Kedua jalur bebas hambatan yang terkoneksi dengan jalan tol dalam kota dan JORR, ini membuat Cawang sangat mudah diakses.
Banyak kantor pemerintah dan BUMN berdiri di sepanjuang ruas jalan utama Cawang. Sebut saja Wijaya Karya, Waskita, Nindya Karya, dan Perum Perumnas. Bahkan beberapa perusahaan swasta nasional beroperasi di sini, sebut saja Indo Mobil. Sayangnya, gedung-gedung di kawasan ini sebagian besar sudah berumur, hanya satu-dua gedung masih terlihat fresh. Banyak juga lahan kosong yang belum dikembangkan.
Jika dibandingkan kawasan yang dekat dengan pusat kota, perkembangan kawasan Cawang terbilang lambat. Tak banyak pembangunan berlangsung sejak krisis. Pengembang properti lebih senang menggarap pusat kota. Itu dulu. Kini kondisinya sudah berbeda. Banyak pengembang properti yang mulai melirik. Pasalnya lahan-lahan di kawasan pusat kota macam segitiga emas Jl Sudirman-Jl Thamrin-Jl HR Rasuna Said terbasat dan kian padat. Harganya pun meroket. Mau tak mau lahan yang berada di pinggir kota jadi incaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi via :